Mengulas Misteri Tembok Ya’juj dan Ma’juj Secara Tuntas

Mereka berkata; “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya-juj dan Ma-juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka ?”

QS. Al-Anbiya: 96 “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya-juj dan Ma-juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (Hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata); “Aduhai celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zhalim.”

Ya-juj dan Ma-juj dalam Hadits Dari Zainab Binti Jahsh -isteri Nabi SAW, berkata; “Nabi SAW bangun dari tidurnya dengan wajah memerah, kemudian bersabda; “Tiada Tuhan selain Allah, celakalah bagi Arab dari kejahatan yang telah dekat pada hari kiamat, (yaitu) Telah dibukanya penutup Ya-juj dan Ma-juj seperti ini !” beliau melingkarkan jari tangannya. (Dalam riwayat lain tangannya membentuk isyarat 70 atau 90), Aku bertanya; “Ya Rasulullah SAW, apakah kita akan dihancurkan walaupun ada orang-orang shalih ?” Beliau menjawab; “Ya, Jika banyak kejelekan.” (HR. Ahmad, Al-Bukhari dan Muslim)

Jenis dan Asal Usul Ya-juj dan Ma-juj dalam QS. Al-Kahfi : 94 Ya-juj dan Ma-juj menurut ahli lughah ada yang menyebut isim musytaq (memiliki akar kata dari bhs. Arab) berasal dari AJAJA AN-NAR artinya jilatan api. Atau dari AL-AJJAH (bercampur/sangat panas), al-Ajju (cepat bermusuhan), Al-Ijajah (air yang memancar keras) dengan wazan MAF’UL dan YAF’UL / FA’UL. Menurut Abu Hatim, Ma-juj berasal dari MAJA yaitu kekacauan. Ma-juj berasal dari Mu-juj yaitu Malaja. Namun, menurut pendapat yang shahih, Ya-juj dan Ma-juj bukan isim musytaq tapi merupakan isim ‘Ajam dan Laqab (julukan). Para ulama sepakat, bahwa Ya-juj dan Ma-juj termasuk spesies manusia.

Mereka berbeda dalam menentukan siapa nenek moyangnya. Ada yang menyebutkan dari sulbi Adam AS dan Hawa atau dari Adam AS saja. Ada pula yang menyebut dari sulbi Nabi Nuh AS dari keturunan Syis/At-Turk menurut hadits Ibnu Katsir. Sebagaimana dijelaskan dalam tarikh, Nabi Nuh AS mempunyai tiga anak, Sam, Ham, Syis/At-Turk. Ada lagi yang menyebut keturunan dari Yafuts Bin Nuh. Menurut Al-Maraghi, Ya-juj dan Ma-juj berasal dari satu ayah yaitu Turk, Ya-juj adalah At-Tatar (Tartar) dan Ma-juj adalah Al-Maghul (Mongol), namun keterangan ini tidak kuat. Mereka tinggal di Asia bagian Timur dan menguasai dari Tibet, China sampai Turkistan Barat dan Tamujin. Mereka dikenal sebagai Jengis Khan (berarti Raja Dunia) pada abad ke-7 H di Asia Tengah dan menaklukan Cina Timur. Ditaklukan oleh Quthbuddin Bin Armilan dari Raja Khuwarizmi yang diteruskan oleh anaknya Aqthay. “Batu” anak saudaranya menukar dengan negara Rusia tahun 723 H dan menghancurkan Babilon dan Hongaria. Kemudian digantikan Jaluk dan dijajah Romawi dengan menggantikan anak saudaranya Manju, diganti saudaranya Kilay yang menaklukan Cina.

Saudaranya Hulako menundukan negara Islam dan menjatuhkan Bagdad pada masa daulah Abasia ketika dipimpin Khalifah Al-Mu’tashim Billah pertengahan abad ke-7 H / 656 H. Ya-juj dan Ma-juj adalah kaum yang banyak keturunannya.Menurut mitos, mereka tidak mati sebelum melihat seribu anak lelakinya membawa senjata. Mereka taat pada peraturan masyarakat, adab dan pemimpinnya. Ada yang menyebut mereka berperawakan sangat tinggi sampai beberapa meter dan ada yang sangat pendek sampai beberapa centimeter. Konon, telinga mereka panjang, tapi ini tidak berdasar. Pada QS. Al-Kahfi:94, Ya-juj dan Ma-juj adalah kaum yang kasar dan biadab.

Jika mereka melewati perkampungan, membabad semua yang menghalangi dan merusak atau bila perlu membunuh penduduk. Karenya, ketika Dzulkarnain datang, mereka minta dibuatkan benteng agar mereka tidak dapat menembus dan mengusik ketenangan penduduk. Siapakah Dzulkarnain ? Menurut versi Barat, Dzulkarnain adalah Iskandar Bin Philips Al-Maqduny Al-Yunany (orang Mecedonia, Yunani). Ia berkuasa selama 330 tahun. Membangun Iskandariah dan murid Aristoteles. Memerangi Persia dan menikahi puterinya. Mengadakan ekspansi ke India dan menaklukan Mesir.

Menurut Asy-Syaukany, pendapat di atas sulit diterima, karena hal ini mengisyaratkan ia seorang kafir dan filosof. Sedangkan al-Quran menyebutkan; “Kami (Allah) mengokohkannya di bumi dan Kami memberikan kepadanya sebab segala sesuatu.” Menurut sejarawan muslim Dzulkarnain adalah julukan Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar Bin Ifraiqisy dari daulah Al-Jumairiyah (115 SM – 552 M.).

Kerajaannya disebut At-Tababi’ah. Dijuluki Dzulkarnain (Pemilik dua tanduk), karena kekuasaannya yang sangat luas, mulai ujung tanduk matahari di Barat sampai Timur. Menurut Ibnu Abbas, ia adalah seorang raja yang shalih.

Ia seorang pengembara dan ketika sampai di antara dua gunung antara Armenia dan Azzarbaijan. Atas permintaan penduduk, Dzulkarnain membangun benteng. Para arkeolog menemukan benteng tersebut pada awal abad ke-15 M, di belakang Jeihun dalam ekspedisi Balkh dan disebut sebagai “Babul Hadid” (Pintu Besi) di dekat Tarmidz. Timurleng pernah melewatinya, juga Syah Rukh dan ilmuwan German Slade Verger. Arkeolog Spanyol Klapigeo pada tahun 1403 H. Pernah diutus oleh Raja Qisythalah di Andalus ke sana dan bertamu pada Timurleng. “Babul Hadid” adalah jalan penghubung antara Samarqindi dan India.

BENARKAH TEMBOK CINA ADALAH TEMBOK Zulkarnain ?

Banyak orang menyangka itulah tembok yang dibuat oleh Zulkarnain dalam surat Al Kahfi. Dan yang disebut Ya’juj dan Ma’juj adalah bangsa Mongol dari Utara yang merusak dan menghancurkan negeri-negeri yang mereka taklukkan. Mari kita cermati kelanjutan surat Al Kahfi ayat 95-98 tentang itu.
Zulkarnain memenuhi permintaan penduduk setempat untuk membuatkan tembok pembatas. Dia meminta bijih besi dicurahkan ke lembah antara dua bukit. Lalu minta api dinyalakan sampai besi mencair. Maka jadilah tembok logam yang licin tidak bisa dipanjat.
Ada tiga hal yang berbeda antara Tembok Cina dan Tembok Zulkarnain. Pertama, tembok Cina terbuat dari batu-batu besar yang disusun, bukan dari besi. Kedua, tembok itu dibangun bertahap selama ratusan tahun oleh raja-raja Dinasti Han, Ming, dst. Sambung-menyambung. Ketiga, dalam Al Kahfi ayat 86, ketika bertemu dengan suatu kaum di Barat, Allah berfirman,

“Wahai Zulkarnain, terserah padamu apakah akan engkau siksa kaum itu atau engkau berikan kebaikan pada mereka.” Artinya, Zulkarnain mendapat wahyu langsung dari Tuhan, sedangkan raja-raja Cina itu tidak. Maka jelaslah bahwa tembok Cina bukan yang dimaksud dalam surat Al Kahfi. Jadi di manakan tembok Zulkarnain?

BEBERAPA PENELITIAN TEMBOK YA’JUJ

Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir The Holy Qur’an menulis bahwa di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 km di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu. Letaknya di jalur utama antara Turkestan ke India dengan ordinat 38oN dan 67oE. Tempat itu kini bernama buzghol-khana dalam bahasa Turki, tetapi dulu nama Arabnya adalah bab al hadid. Orang Persia menyebutnya dar-i-ahani. Orang Cina menamakannya tie-men-kuan. Semuanya bermakna pintu gerbang besi.

Hiouen Tsiang, seorang pengembara Cina pernah melewati pintu berlapis besi itu dalam perjalanannya ke India di abad ke-7. Tidak jauh dari sana ada danau yang dinamakan Iskandar Kul. Di tahun 842 Khalifah Bani Abbasiyah, al-Watsiq, mengutus sebuah tim ekspedisi ke gerbang besi tadi. Mereka masih mendapati gerbang di antara gunung selebar 137 m dengan kolom besar di kiri kanan terbuat dari balok-balok besi yang dicor dengan cairan tembaga, tempat bergantung daun pintu raksasa. Persis seperti bunyi surat Al Kahfi. Pada Perang Dunia II, konon Winston Churchill, pemimpin Inggris, mengenali gerbang besi itu.

Letak Perkiraan Tembok Besi Berada

Apa pun tentang keberadaan dinding penutup tersebut, ia memang terbukti ada sampai sekarang di Azerbaijan dan Armenia. Tepatnya ada di perunungan yang sangat tinggi dan sangat keras. Ia berdiri tegak seolah-olah diapit oleh dua buah tembok yang sangat tinggi. Tempat itu tercantum pada peta-peta Islam mahupun Rusia, terletak di republik Georgia.
Al-Syarif al-Idrisi menegaskan hal itu melalui riwayat penelitian yang dilakukan Sallam, staf peneliti pada masa Khalifah al-Watsiq Billah (Abbasiah). Konon, Al-Watsiq pernah bermimpi tembok penghalang yang dibangun Iskandar Dzul Qarnain untuk memenjarakan Ya’juj-Ma’juj terbuka.

Mimpi itu mendorong Khalifah untuk mengetahui perihal tembok itu saat itu, juga lokasi pastinya. Al-Watsiq menginstruksikan kepada Sallam untuk mencari tahu tentang tembok itu. Saat itu sallam ditemani 50 orang. Penelitian tersebut memakan biaya besar. Tersebut dalam Nuzhat al-Musytaq, buku geografi, karya al-Idrisi, Al-Watsiq mengeluarkan biaya 5000 dinar untuk penelitian ini.

Rombongan Sallam berangkat ke Armenia. Di situ ia menemui Ishaq bin Ismail, penguasa Armenia. Dari Armenia ia berangkat lagi ke arah utara ke daerah-daerah Rusia. Ia membawa surat dari Ishaq ke penguasa Sarir, lalu ke Raja Lan, lalu ke penguasa Faylan (nama-nama daerah ini tidak dikenal sekarang). Penguasa Faylan mengutus lima penunjuk jalan untuk membantu Sallam sampai ke pegunungan Ya’juj-Ma’juj.

27 hari Sallam mengarungi puing-puing daerah Basjarat. Ia kemudian tiba di sebuah daerah luas bertanah hitam berbau tidak enak. Selama 10 hari, Sallam melewati daerah yang menyesakkan itu. Ia kemudian tiba di wilayah berantakan, tak berpenghuni. Penunjuk jalan mengatakan kepada Sallam bahwa daerah itu adalah daerah yang dihancurkan oleh Ya’juj-Ma’juj tempo dulu. Selama 6 hari, berjalan menuju daerah benteng. Daerah itu berpenghuni dan berada di balik gunung tempat Ya’juj-Ma’juj berada.
Sallam kemudian pergi menuju pegunungan Ya’juj-Ma’juj. Di situ ia melihat pegunungan yang terpisah lembah. Luas lembah sekitar 150 meter. Lembah ini ditutup tembok berpintu besi sekitar 50 meter.

Dalam Nuzhat al-Musytaq, gambaran Sallam tentang tembok dan pintu besi itu disebutkan dengan sangat detail (Anda yang ingin tahu bentuk detailnya, silakan baca: Muzhat al-Musytaq fi Ikhtiraq al-Afaq, karya al-Syarif al-Idrisi, hal. 934 -938).

Al-Idrisi juga menceritakan bahwa menurut cerita Sallam penduduk di sekitar pegunungan biasanya memukul kunci pintu besi 3 kali dalam sehari. Setelah itu mereka menempelkan telinganya ke pintu untuk mendengarkan reaksi dari dalam pintu. Ternyata, mereka mendengar gema teriakan dari dalam. Hal itu menunjukkan bahwa di dalam pintu betul-betul ada makhluk jenis manusia yang konon Ya’juj-Ma’juj itu.

Ya’juj-Ma’juj sendiri, menurut penuturan al-Syarif al-Idrisi dalam Nuzhat al-Musytaq, adalah dua suku keturunan Sam bin Nuh. Mereka sering mengganggu, menyerbu, membunuh, suku-suku lain. Mereka pembuat onar, dan sering menghancurkan suatu daerah. Masyarakat mengadukan kelakuan suku Ya’juj dan Ma’juj kepada Iskandar Dzul Qarnain, Raja Macedonia. Iskandar kemudian menggiring (mengusir) mereka ke sebuah pegunungan, lalu menutupnya dengan tembok dan pintu besi.

Menjelang Kiamat nanti, pintu itu akan jebol. Mereka keluar dan membuat onar dunia, sampai turunnya Nabi Isa al-Masih.

Dalam Nuzhat al-Musytaq, al-Syarif al-Idrisi juga menuturkan bahwa Sallam pernah bertanya kepada penduduk sekitar pegunungan, apakah ada yang pernah melihat Ya’juj-Ma’juj. Mereka mengaku pernah melihat gerombolan orang di atas tembok penutup. Lalu angin badai bertiup melemparkan mereka. Penduduk di situ melihat tubuh mereka sangat kecil. Setelah itu, Sallam pulang melalui Taraz (Kazakhtan), kemudian Samarkand (Uzbekistan), lalu kota Ray (Iran), dan kembali ke istana al-Watsiq di Surra Man Ra’a, Iraq. Ia kemudian menceritakan dengan detail hasil penelitiannya kepada Khalifah.
Kalau menurut penuturan Ibnu Bathuthah dalam kitab Rahlat Ibn Bathuthah pegunungan Ya’juj-Ma’juj berada sekitar perjalanan 6 hari dari Cina. Penuturan ini tidak bertentangan dengan al-Syarif al-Idrisi. Soalnya di sebelah Barat Laut Cina adalah daerah-daerah Rusia.

Referensi:

Az-Zuhaily, Tafsir Al-Munir.

Dr. Thaha Ad-Dasuqy, ‘Aqidatuna Wa Shilatuha Bil Kaun Wal Insan Wal Hayat, Darul Huda, Kairo, 1995.

Syekh Sya’ban ‘Abdulhadi Abu Rabah, Islamiyat, Haqaiq Fi Dzilli Tauhid Al-Ara Al-Islamiyah, Muassasah Al-‘Arabiyah Al-Haditsiyah, Kairo, 1991.

source: wattpad

Comments
112 Responses to “Mengulas Misteri Tembok Ya’juj dan Ma’juj Secara Tuntas”
  1. Regina mengatakan:

    Wah, saya baru mendengar cerita seperti ini.

    bagus!

    semangat!!!

  2. Fuad Hamka mengatakan:

    Nice post! Thanks infonya gan!

  3. Gaga wanita mengatakan:

    Historikal banget kayaknya! Referensi tahun 1991/1995 wkwkwk

  4. danielichiro mengatakan:

    ane baru tau gan tentang dinding besi kyk gitu, wahh ketinggalan berita dunk, heheh

  5. Damar Dwiyadi Pratama mengatakan:

    Gak knapa kok gan! Yg penting sekarang tau! Saya juga baru tau tahun ini! Biasanya kalo cerita misteri kayak begini, semakin jarang beredar, semakin kuat keotentikan ceritanya!

  6. tary Sonora mengatakan:

    nice post, tapi mataku sakit dg theme nya

  7. Damar Dwiyadi Pratama mengatakan:

    Hehe.. Masalah Tema nanti akan saya perbaiki! Maaf merepotkan!🙂

  8. yanrmhd mengatakan:

    wah, nice post nih…:mrgreen:
    setidaknya memberi gambaran apa itu ya’juj dan ma’juj,
    jadi penasaran pengen liat tuh tembok aslinya…

    *ekspedisi lewat om google ***🙄

  9. Damar Dwiyadi Pratama mengatakan:

    Capcus gan! Pake google maps view via satelite

  10. omiyan mengatakan:

    Menyiapkan diri menjelang fitnah terbesar datang

  11. abuabdilbarr mengatakan:

    سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر
    kunjungi
    http://abuabdilbarr.wordpress.com/2010/04/27/mari-menanam-pohon-di-surga/

  12. Melilea Organic mengatakan:

    Assalamualakum… salam kenal

  13. sembalap mengatakan:

    cerita ya’juj ma’juj, dajjal hingga turunnya Nabi Isa AS dlm hadist riwayat muslim (atau tirmidzi aku agak lupa…. besok2 aku deres lagi deh).
    ttg ya’juj ma’juj dimana Nabi Isa pun kewalahan menghadapi 2 kaum ini sampe akhirnya Nabi Isa terpojok & akhirnya Allah menghujani kedua kaum ini dengan ulat maka matilah mereka semua

    semoga bermanfaat

  14. sembalap mengatakan:

    iya nih theme bikin nggak enak ngebacanya … kl boleh kasih saran latarnya jgn hitam lah, warna terang aja atau putih mkg paling pas menurutku

  15. DAKWAH UMAT mengatakan:

    gue copy untuk dakwah,,,,,semoga menjadi bermanfaat!!!!!! terima kasih

  16. amir mengatakan:

    telah terbit buku judul “JEJAK YAKJUJ & MAKJUJ DALAM INSKRIPSI YAHUDI” karya Wisnu Sasongko, diterbitkan Mizan bulan Mei 2010. buku ini telah menjadi buku best seller di Malaysia tahun 2009. Berikut ini kandungan isi buku ini ;

    Kata Pengantar

    Bab 1: Inskripsi Yahudi: Sebuah Pengantar
    -Kenapa kita perlu menelusuri Yakjuj & Makjuj dalam Inskripsi Yahudi?
    -Inskripsi Yahudi dan Latar Belakang Pembentukannya
    -Septuagint: Perjanjian Lama
    -Inskripsi karya Flavius Josephus
    -Naskah Laut Mati ’The Dead Sea Scrools’
    -Talmud
    -Carta Timeline Talmud
    -Timeline Inskripsi Yudaisme
    -Analisis eksplorasi Sinkronik – Diakronik tentang Yakjuj dan Makjuj
    -Usaha mengaburkan identiti bangsa Gog Magog
    -Usaha mencemarkan nama baik Nabi Ishaq

    Bab 2: Suara-suara dari Padang Gurun tentang Zulqarnain danYakjuj & Makjuj
    – Latar belakang Pertanyaan pendeta Yahudi tentang Zulqarnain kepada Nabi Muhammad.
    – Senandung Padang Gurun tentang Muhammad
    – Daud menyebut Muhammad sebagai ”Adonai”
    – Percakapan Yahya/John Pembabtis dengan pendeta Yahudi tentang ”Nabi yang Akan Datang”
    -Isa menyebut Muhammad sbg ”Terang yang Besar”
    -Daniel menyebut Muhammad sebagai ”batu yang meremukkan patung”
    -Muhammad, Benang Merah senandung para nabi
    -Orang-orang Yahudi rela tinggal di padang Paran
    -Nabi Jeremiah (Aramia) menyebutnya ”Ehmed”
    -Talmud Babilon menyebutnya ‘Emeth’
    -Yakjuj & Makjuj dalam sumber Islam
    -Yakjuj & Makjuj di dalam al-Quran dan Tafsir
    -Seputar Asbabun Nuzul (Sebab-sebab Turun Ayat)
    -Epistemologi bijak yang dikongkong oleh kesombongan
    -Adakah “bangsa yang buta huruf” mampu membaca kisah Alexander?
    -Sifat Zulqarnain
    -Sifat Yakjuj & Makjuj di dalam Tafsir Qur’an

    Bab 3: Genealogi Yakjuj Makjuj dalam Inskripsi Yahudi
    -Di dalam Bible, Yakjuj dan Makjuj disebut Gog dan Magog
    -Garis Keturunan Yakjuj Makjuj dalam Yahudi
    -Magog dalam Talmud
    -Scythia Yakjuj Makjuj di dalam buku Josephus,“Antiquities of the Jews”
    -Scythia Yakjuj Makjuj di dalam buku Josephus,’’Jews Wars’
    -Al Qur’an bebas daripada unsur Plagiat
    -Josephus Menggunakan Bahasa Yunani
    -Bahasa Yunani baru dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Arab pada abad 9 M
    -Scythia Yakjuj Makjuj di dalam buku Josephus,’The Apions’
    -Scythia Yakjuj Makjuj di dalam Perjanjian Baru
    -Magog di dalam Inskripsi Gulungan Laut Mati
    -Lokasi Gog Magog Scythia
    -Nama Gog Magog
    -Bukti Kisah Yakjuj dan Makjuj di dalam Al Quran bukan plagiat daripada kitab sebelumnya

    Bab 4: Gerombolan Nomad Scythia adalah Gog Magog
    -Tafsir al-Quran Yusuf Ali: Scythia adalah Yakjuj Makjuj
    -Kesalahan Evangelis dan Zionis:’Scythia’ daripada nama ’Isaac’
    -‘Gog’ dalam inkripsi Cylinder Ashurbanipal Assyria
    -Suku Scythia adalah suku pertama yang berhasil menjinakkan kuda
    -Menjejak serapan kata GOG atau JUJ dalam bahasa Inggeris dan Jerman
    -Kebiadaban bangsa Yakjuj Makjuj Scythia
    -Lokasi Kediaman Bangsa Yakjuj Makjuj Scythia
    -Bukti Akeologi Bangsa Yakjuj Makjuj Scythia mendiami di Utara (Eurasia)
    -Timeline Gerombolan Barbar Scythia
    -Raja-raja Scythia
    -Lokasi Kediaman Scythia menurut Peta Kuno Yunani
    -Saudara sebangsa Scythia adalah suku Xiongnu, Hun, Mongol, Tartar
    -Lagu ‘Scythian Tribe’
    -Republik Sacha: Munculnya negeri Scythia Moden?

    Bab 5: Sejarah Timur Tengah dan Yahdudi serta peranan bangsa Barbar Scythia
    -Menelusuri jejak bangsa Yakjuj dan Makjuj Scythia dalam Sejarah Timur Tengah
    -Timeline Timur Tengah dan Sejarah Bani Israel serta hubung kait dengan Yakjuj & Makjuj Scythia
    -Peta Kekuasaan – Kekuasaan di Fertile Crescent – Timur Tengah tahun 700-550 SM
    -Sinkronik-Diakronik Peradaban Timur Tengah tahun 700-550 SM
    -Tempoh Serangan Yakjuj Makjuj Scythia

    Bab 6: Serangan Yakjuj & Makjuj ke Kerajaan Hitti di Urartu 743 SM
    -Ekspedisi Assyria Memerangi Yakjuj Makjuj Scythia
    -Suku Barbar Scythia dan Cimmeria bersaing menakluk Urartu
    -Yakjuj & Makjuj Menerobos Pegunungan Kaukasus
    -‘Rab Kisir Gimirai’ pasukan khusus Yakjuj Makjuj Cimmeria
    -Jalur sempit keluarnya Yakjuj & Makjuj Scyhtia & Cimmeria
    -Darial Gorge (Ngarai Darial) dan Caspian Gates
    -Yakjuj Makjuj Cimmeria menjadi perajurit upahan Kerajaan Assyria
    -Kerajaan Scythia di Urartu tahun 700 SM

    Bab 7: Serangan Yakjuj & Makjuj ke Samaria, Ibu kota Kerajaan Israel Utara tahun 721 SM
    -Zaman Keemasan Israel
    -Kerajaan Israel berpecah-belah
    -Israel melanggar janjinya sendiri, Mulai menyembah berhala patung-patung.
    -Pembuangan Suku Israel
    -Serangan Yakjuj Makjuj Cimmeria ke Samaria tahun 722 SM sebagai Hukuman Allah
    -Penaklukan Raja Sargon II dalam Inskripsi Assyria
    -Para nabi yang mengingatkan kerosakan akidah kerajaan Israel

    Bab 8: Serangan Yakjuj dan Makjuj ke Niniwe Assyria tahun 612 SM
    -Niniwe, Ibukota Kerajaan Assyria
    -Pasukan berkuda Media dan Scythia bergerak ke Niniwe
    -Kejahatan dan Kekejaman bangsa Assyria
    -Para Penafsir Bible menutupi peranan bangsa barbar Scythia dalam penghancuran Niniwe
    -Raja Assyria berputus asa dengan membakar diri dan Istananya
    -Niniwe pun dijarah dan dibakar oleh Scythia Yakjuj Makjuj
    -Nabi-nabi Israel yang mengingatkan kehancuran Niniwe
    -Harta karun Emas suku Scyhtia dari Rampasan di Niniwe

    Bab 9: Serangan Yakjuj & Makjuj ke kota Jerusalem, Ibu kota Kerajaan Yehuda tahun 587 SM
    -Yakjuj Makjuj Scythia menyerang Jerusalem
    -Catatan Herodotus ketika memasuki negeri Yakjuj Makjuj Scythia
    -Nabi Jeremia pernah tampil di Jerusalem mengingatkan datangnya Gog Magog
    -Gabungan Scythia dan Babilon inilah ‘Periuk Mendidih dari Utara’
    -Dan Jerusalem pun merana
    -Ezra / Uzair memasuki Runtuhan Jerusalem
    -Scythia, setelah kehancuran Yerusalem: Gerombolan Scythia menghancurkan Babilon

    Bab 10: Nabi Yehezkiel memberi khabarkan datangnya Gog Magog
    -Kesalahan Kronologi Kenabian Israel menjadikan kisah Gog Magog dalam Bibel sulit dipahami
    -Kelalaian Editor/Penyalin Kitab Yehezkiel
    -Kronologi Kisah dalam kitab Yehezkiel
    -Magog dalam Yeheziel adalah bangsa Barbar Scythia
    -Keaslian Teks Yehezkiel 38 dan 39

    Bab 11: Nabi Yunus mengingatkan Kota Niniwe tentang Ancaman Yakjuj dan Makjuj
    -Nabi Yunus memberitakan tentang Gog Magog
    -Gerombolan Barbar Scythia keluar dari balik pegunungan Kaukasus
    -Raja Assyria dan penduduk Niniwe patuh pada Yunus
    -Kisah Dakwah Nabi Yunus dan Isa
    -Usaha penyisipan teks

    Bab 12: Nahum mendapat penglihatan tentang dekatnya Kehancuran Niniwe
    -Kehancuran Niniwe sebagai bentuk Murka Tuhan

    Bab 13: Amos dan Joel mengibaratkan keluarnya Gog Magog laksana Serangan Belalang
    -Siapakah Amos?
    -Bible juga mengumpamakan serangan Yakjuj & Makjuj sebagaimana serangan Belalang.
    -Bible menyebut Gog adalah Raja Belalang.
    -Sifat serangan Belalang dalam Bible
    -Nabi Muhammad mengibaratkan serangan Yakjuj Makjuj seperti serangan belalang
    -Serangan Belalang di Timur Tengah
    -Bencana Belalang

    Bab 14: Pergelutan Nabi Jeremia Mengingatkan Kebebalan Kaum Israel tentang Bahaya Gog Magog
    -Siapakah Jeremia?
    -Malapetaka dari Utara adalah Yakjuj & Makjuj
    -Alasan Nebukadnezar membawa pasukan Yakjuj Makjuj Scythia
    -Jeremia diutus bagi mengingatkan tentang bahaya munculnya Yakjuj Makjuj ke atas Jerusalem
    -Bukti Pendapat Jeremia memberitakan tentang keluarnya gerombolan Yakjuj Makjuj Scythia.
    -Gelar pasukan Gog Magog yang dipakai Jeremia
    -Dalam Jeremia, Gog Magog disebut sebagai gandar besi
    -Bani Israel Judea Jerusalem berlindung pada Mesir
    -Juj = Gog = Yoke = Joch
    -Nabi Jeremia dipenjara oleh Bani Israel Yehuda.
    -Jerusalem hancur secara total
    -Nabi Jeremia dibebaskan oleh Yakjuj Makjuj Scythia

    Bab 15: Keluarnya Yakjuj & Makjuj Pada Akhir Zaman dalam Inskripsi Yahudi
    -Keluarnya Yakjuj & Makjuj pada Akhir Zaman di dalan sumber-sumber Islam
    -Keluarnya Yakjuj & Makjuj pada Akhir Zaman petanda Kiamat sudah dekat
    -Mungkinkah Sejarah Terulang?
    -Ramalan keluarnya Yakjuj dan Makjuj (Gog Magog) dalam Inskripsi Yahudi
    -Ramalan Merajalelanya Gog Magog di dalam Perjanjian Lama
    -Ramalan keluarnya Magog dalam Talmud Babilon
    -Perjanjian Baru: Gog Magog sebagai pasukan Iblis yang terlepas.

    Bab 16: Jawapan atas Distorsi Evangelis Barat tentang Gog Magog

    Kesimpulan -Bibliografi – Indeks

    • Hamzah mengatakan:

      Yajuj adalah keluarga rotschild dan majuj adalalah keluarga rockefeller.keluarga mereka bartangggung jawab atas terjadinya banyak perang sejak abad 16. Termasuk kekacauan dbanyak negara dalam 50 thn ke belakang

  17. truth_seeker mengatakan:

    PARAH NIH ARTIKEL. ADAM DAN HAWA ITU DONGENG CIPATAAN ORANG JAHUDI YANG DIAMBIL DARI DONGENG NYA ORANG MESOPOTAMIA ATAU NEGRI 1001 MALAM (SEKARANG IRAK)
    ITU DONGENG UDAH ADA RIBUAN TAHUN SEBELUM MUNCUL AGAMA SAMAWI (JAHUDI, KRISTEN DAN ISLAM)
    KENAPA KOK ISLAM TIDAK MENYADARI BAHWA ITU SEMUA CUMA DONGENG???
    DARI SINI BISA DI KETAHUI BAHWA YANG MEMBUAT ALQURAN ITU SANGAT PNTAR DAN HEBAT.
    SAMPE_SAMPE DONGENG BEGITUAN DIMASUKIN DALAM ALQURAN.
    DONGENG NABI NUH APALAGI, INI DONGENG KELASIK PALING BESAR DALAM SEJARAH MANUSIA.
    SEMUA CERITA DONGENG INI TERTULIS DALAM ALKITAB/BIBEL NYA ORANG KRISTEN KARENA EMANG BIBEL NYA ORANG KRISTEN ITU SEBAGIAN BESAR MERUPAKAN KITAB NYA ORANG JAHUDI, DAN KISAH ADAM DAN HAWA, KISAH NUH, LALU KISAH NABI MUSA YANG MEMIMPIN ISRAEL KELUAR DARI MESIR DAN CERITA TENTANG AYUB ITU SEBAGIAN BESAR ADALAH DONGENG BELAKA.
    KALO TIDAK PERCAYA TANYAKAN PADA SUMBER NYA DONG YAITU ORANG ISRAEL/JAHUDI.
    SELAMA INI MEREKA SUDAH TERTAWA-TAWA KARENA DONGENG MEREKA DIANGGAP FIRMAN ALLAH TERUTAMA OLEH MUHAMMAD SAW DAN PENGIKUT_PENGIKUT AJARAN ALQURAN (ISLAM).
    BAHKAN SAMPE DITAMBAH_TAMBAHIN SEGALA MACAM HADITSD DAN EMBEL_EMBEL LAINNYA, SEAKAN-AKAN ITU SEMUA BENAR.

    BUKA MATA ANDA, PELAJARI SEJARAH LEBIH BANYAK, RIBUAN TAHUN KEBOHONGAN DI ANGGAP KEBENERAN.
    SEKARANG KEBENARAN MULAI TERKUAK, SIAP KAH ANDA MENERIMA NYA????
    SAYA GA YAKIN ANDA SIAP, KARENA AKAN TERJADI KEKACAUAN DI MUKA BUMI INI, TERUTAMA YANG SELAMA INI FANATIK BERLEBIHAN TERHADAP AGAMA NYA.
    BAHKAN SAMPAI TEGA MELAKUKAN TINDAKAN-TINDAKAN ANARKIS TERHADAP SESAMA MANUSIA DEMI YANG NAMA NYA AGAMA, YANG TERNYATA CUMA MENDOMPLENG DARI DONGENG-DONGENG KLASIK MASA LALU, DAN TERKUAKLAH PARA PLAGIARIST SEJATI YANG BERHASIL MENIPU MANUSIA-MANUSIA YANG SEBENARNYA TIDAK BODOH TAPI BUTA OLEH DOKTRINASI YANG BERLABELKAN AGAMA.

    • Pembawa kebenaran mengatakan:

      Sudah, Urusi urusan internal agama paulus anda dulu!! Dua puluh pertanyaan berikut menunjukkan bahwa fakta dan Alkitab sama sekali menolak dugaan ketuhanan Yesus:

      1. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu meng-kristen-kan umat Israel dimana ia menjalankan misi dan tugas keagamaannya?

      Fakta: mayoritas umat Israel tetap beragama Yahudi hingga sekarang.

      2. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia selama hidupnya hanya berkeliling di wilayah Israel saja, padahal manusia pada waktu itu sudah tersebar luas di seluruh penjuru bumi?

      Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

      3. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia melarang kedua belas muridnya untuk berdakwah ke negeri lain selain negeri Israel?

      Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke negeri orang-orang non Yahudi atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. (Matius 10:5-6 – DRB 1582, KJV 1611)

      4. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika tangan dan kakinya dipaku di tiang salib memohon pertolongan kepada Allah/Bapa?

      Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (Matius 27:46)

      5. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia ketika hendak membangkitkan Lazarus dari dalam kubur di depan umat Israel memohon pertolongan kepada Bapa?

      Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” (Yohanes 11:41-44)

      6. Jika Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat, mengapa ia tidak mampu menyelamatkan dirinya dan kaumnya dari dominasi penjajah Romawi, tetapi malah ia diserahkan oleh penguasa Romawi (Pontius Pilatus) untuk disalibkan?

      Lalu ia (Pontius Pilatus) membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan. Kemudian serdadu-serdadu wali negeri membawa Yesus ke gedung pengadilan, lalu memanggil seluruh pasukan berkumpul sekeliling Yesus. Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: “Salam, hai Raja orang Yahudi!” Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya. Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian mereka membawa Dia ke luar untuk disalibkan. (Matius 27:26-31)

      7. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mengetahui kapan datangnya hari kiamat?

      Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak (Yesus) pun tidak, hanya Bapa sendiri.” (Matius 24:36)

      8. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia sujud menyembah dan memohon perlindungan kepada Bapa?

      …Maka mulailah Ia (Yesus) merasa sedih dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:37-39)

      9. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena kejadiannya sebelum Abraham, mengapa Yeremia yang juga mengalami kehidupan sebelum manusia tidak menjadi Tuhan?

      Firman TUHAN datang kepadaku (Yeremia), bunyinya: “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” (Yeremia 1:4-5)

      10. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir tanpa ayah, mengapa Adam yang lahir ke dunia tanpa ayah dan ibu tidak menjadi Tuhan?

      ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu (Adam) dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. (Kejadian 2:7)

      11. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perawan muda (Maria), mengapa Yohanes Pembaptis yang juga lahir atas bantuan penuh Roh Kudus dari seorang perempuan mandul yang tua bangka (Elisabet) tidak menjadi Tuhan?

      Sebab ia (Yohanes Pembaptis) akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya. (Lukas 1:15)

      12. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia memiliki mukjizat yang mampu menghilangkan berbagai penyakit dan mampu menghidupkan orang mati, mengapa Musa yang memiliki mukjizat jauh lebih dahsyat dari Yesus tidak menjadi Tuhan?

      Lalu Musa mengulurkan tongkatnya ke langit, maka TUHAN mengadakan guruh dan hujan es, dan apipun menyambar ke bumi, dan TUHAN menurunkan hujan es meliputi tanah Mesir. Dan turunlah hujan es, beserta api yang berkilat-kilat di tengah-tengah hujan es itu, terlalu dahsyat, seperti yang belum pernah terjadi di seluruh negeri orang Mesir, sejak mereka menjadi suatu bangsa. (Keluaran 9:23-24)

      Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. (Keluaran 14:21-22)

      13. Jika Yesus adalah Tuhan oleh karena ia seorang Kristus (Mesias), mengapa kristus-kristus lain tidak menjadi Tuhan?

      Kristus-kristus lain dalam Alkitab: Daud Kristus (Mazmur 2:2), Koresh Kristus (Yesaya 45:1), Saul Kristus (1 Samuel 10:1), Harun Kristus (Imamat 8:12), Elisa Kristus (1 Raja-raja 19:16), dan Salomo Kristus (1 Raja-raja 1:39). Kristus (Yunani) = Mesias (Ibrani) = Yang diurapi.

      14. Jika Yesus adalah Tuhan bagi ajaran Paulus, mengapa Yesus memerintahkan untuk menegakkan hukum Musa yang notabene bertentangan dengan ajaran Paulus?

      “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:17-20)

      Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” (Matius 8:3-4)

      Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. (Matius 23:1-3)

      Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: “Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?” Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” (Yohanes 8:4-7)

      15. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak mampu mempengaruhi umat Israel untuk mengikuti ajarannya, padahal ia lahir, besar, dan mati di tanah Israel? (Bandingkan dengan ahli hipnotis Tommy Raphael yang mampu merubah perangai manusia dalam waktu sekejap!)

      Lalu mereka (umat Israel) kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya.” Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mukjizat diadakan-Nya di situ. (Matius 13:57-58)

      Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.” Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.” Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. Bagaimana pendapat kamu?” Mereka menjawab dan berkata: “Ia harus dihukum mati!” Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, dan berkata: “Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?” (Matius 26:63-68)

      16. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia ketakutan menghadapi orang-orang Yahudi? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)

      Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. (Matius 12:14-15)

      Sesudah itu Yesus berjalan keliling Galilea, sebab Ia tidak mau tetap tinggal di Yudea, karena di sana orang-orang Yahudi berusaha untuk membunuh-Nya. (Yohanes 7:1)

      17. Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak pernah menyatakan dirinya sebagai Tuhan Semesta Alam di depan umat Israel? (Bandingkan dengan firman Tuhan dalam Perjanjian Lama!)

      Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)

      18. Jika Yesus adalah Tuhan Semesta Alam, mengapa ia disetir oleh Allah/Bapa?

      Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yag Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. (Yohanes 5:30)

      Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku. Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri. Barangsiapa berkata-kata dari diri-Nya sendiri, ia mencari hormat bagi dirinya sendiri, tetapi barangsiapa mencari hormat bagi Dia yang mengutusnya, ia benar dan tidak ada ketidakbenaran padanya. (Yohanes 7:16-18)

      19. Jika Yesus adalah Tuhan menurut ajaran Paulus, mengapa Melkisedek yang memiliki kesetaraan dengan Yesus tidak menjadi Tuhan? (Jika Yesus adalah Tuhan, maka Melkisedek pasti Tuhan. Sebaliknya, jika Melkisedek bukan Tuhan, maka Yesus pun pasti bukan Tuhan).

      Ia (Melkisedek) tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah (Yesus), ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.” (Ibrani 7:3)

      20. Jika Yesus adalah Tuhan bagi umat Kristen, mengapa ia tidak pernah menurunkan satu kitab pun kepada umat Kristen sebagai pedoman hidup?

      Tak satupun dari keempat Injil Kristen – Markus, Matius, Lukas, dan Yohanes – ditulis oleh murid Yesus. Keempatnya ditulis oleh orang-orang yang tidak dikenal. Ini terbukti dari perbedaan-perbedaan narasi dan adanya kontradiksi diantara keempatnya, yang menunjukkan bahwa Injil-Injil tersebut ditulis atas inisiatif masing-masing penulisnya, bukan wahyu dan bukan pula atas perintah dari Yesus.

      Kurun waktu penulisan Injil-Injil Kristen antara tahun 65 hingga 115 M, yakni sekitar 45 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi awal Injil, atau sekitar 70 tahun setelah dugaan penyaliban Yesus untuk kompilasi akhir Injil. Sebuah rentang waktu Injil yang sangat lama yang tidak mungkin ia ditulis oleh murid Yesus!

      Jika diasumsikan bahwa usia murid-murid Yesus sama dengan Yesus, dan bahwa Yesus disalib pada usia 33 tahun,** maka murid-murid Yesus untuk pertama kalinya menulis Injil pada usia 78 tahun dan rampung ketika usia mereka mencapai 103 tahun. Mustahil! Jika memang diperintahkan oleh Yesus, mengapa harus menunggu waktu selama itu untuk menulis Injil? Selengkapnya baca: Injil atau Dusta atau Kanonisasi_Injil.

      Keterangan:

      **Pengarang Kitab Lukas menempatkan pembaptisan Yesus pada tahun ke-15 pemerintahan Kaisar Roma Tiberius, dan saat Pontius Pilatus menjadi pejabat gubernur Yudaea (Lukas 3:1). Dalam hal ini dinyatakan bahwa Pontius Pilatus menjadi pejabat Yudaea dari tahun 26 hingga 36 M, dan bahwa Kaisar Tiberius menggantikan Kaisar Agustus pada tahun 14 M [Josephus F (1998); Asimov I (1969; Braid W (1971); Duncan GB (1971); Leon-Dufour X (1983)]. Oleh karenanya, jika kita menerima kronologi yang dibuat oleh pengarang Kitab Lukas, berarti Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis pada tahun 29 M, yakni ketika Yesus berumur kira-kira 30 tahun, dan pembaptisan tersebut menjadi titik tolak Yesus untuk memulai pekerjaannya sebagai seorang nabi (Lukas 3:23). Bahwa konon Yesus disalib pada masa pemerintahan Pontius Pilatus (Markus 15:5; Matius 27:26; Lukas 23:25; Yohanes 19:16), yang berarti waktunya tidak lebih dari tahun 36 M, dan dengan mengasumsikan bahwa peristiwa penyaliban terjadi pada pertengahan masa pemerintahan Pontius Pilatus, maka Yesus disalib pada usia kira-kira 33 tahun dengan mengemban misi kenabian hanya selama kira-kira 3 tahun!

      Umat Kristen selalu mengklaim bahwa “Kristen” adalah ajaran Yesus. Klaim ini sesungguhnya tidak memiliki dasar sama sekali selain hanya angan-angan dan omong-kosong belaka.

      Pokok-pokok pikiran di bawah ini, tanpa bisa dibantah oleh siapapun, membuktikan bahwa “Kristen” sama sekali bukan ajaran Yesus!

      1. Yesus tidak pernah mengajarkan atau memberi nama “Kristen” pada misi dan tugas yang diembannya.

      2. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk sembahyang (kebaktian) di “gereja”.

      3. Yesus tidak pernah menyatakan dirinya sebagai “Tuhan Pencipta Semesta Alam”.

      4. Yesus tidak pernah memerintahkan umatnya (umat Israel) untuk menyembah dia.

      5. Agama Kristen baru benar-benar eksis setelah kanonisasi Perjanjian Baru. Sebelumnya, Kristen sama sekali belum eksis di muka bumi ini.

      6. “Kristen” adalah istilah Yunani dari kata “Christos” yang merupakan terjemahan dari kata Ibrani “Mesiah” yang berarti “yang diurapi” atau “yang ditahbiskan”. Sementara Yesus adalah seorang Israel yang berbahasa Ibrani. Jadi, bagaimana mungkin Yesus mengajarkan “Kristen” yang notabene bukan istilah bahasanya?

      7. Selama hidupnya di dunia, Yesus tidak pernah menyeberang ke negeri lain kecuali hanya muter-muter di negeri Israel. Bagaimana mungkin Tuhan hanya mondar-mandir di negeri Israel saja? Memangnya manusia pada waktu itu cuma ada di negeri Israel?

      8. “Kristen” menemukan identitas dirinya melalui propaganda Paulus Tarsus. Sebagaimana diketahui, Yesus, tidak pernah kenal, tidak pernah melihat, tidak pernah menyebut, dan tidak pernah berbicara dengan manusia yang bernama Paulus dari Tarsus.

      9. Yesus disunat, sedangkan umat Kristen tidak perlu disunat (sesuai ajaran Paulus).

      10. Yesus meninggal diberi kain kafan, sedangkan umat Kristen meninggal berpakaian pengantin (seperti meninggalnya Paulus).

      Dari pokok-pokok pikiran di atas, jelaslah bahwa “Kristen” bukan saja tidak pernah diajarkan oleh Yesus, tetapi istilah “Kristen” sendiri baru muncul puluhan tahun kemudian setelah dugaan penyaliban Yesus (Kisah Para Rasul 11:26), yakni resminya setelah kanonisasi Perjanjian Baru.

      Konon, di dalam Yohanes, Yesus berkata:

      14:15. “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

      Konon pula, Yesus berkata menurut Matius:

      5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

      Setiap orang Kristen yang ditanya, “Apakah kamu mengikuti hukum dan firman-Nya?” Mereka akan menjawab, “Tidak!” Jika ditanya lagi, “Mengapa tidak?” Jika ia adalah seorang yang tidak taat pada Alkitab, maka ia akan menjawab, “Hukum tersebut sudah kuno dan dibuang. Kita hidup dalam zaman modern sekarang.”

      Setiap kali diingatkan dengan apa yang dikatakan Tuhan Yesus-nya, mereka akan mendebat dengan kata-kata dari Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, dan lain-lain. Jika ditanya, “Siapakah mereka?” Mereka akan menjawab, “Paulus, Paulus, Paulus.” Tetapi jika ditanya, “Siapakah Tuhanmu?” Mereka serentak menjawab, “Yesus!” Namun demikian, mereka akan segera membantah bahwa Yesus sama dengan Paulus.

      Tak seorang pun umat Kristen yang memperdebatkan kenyataan bahwa pendiri sebenarnya dari agama Kristen adalah Paulus Tarsus. Oleh karena itu, wajarlah apabila Michael H. Hart menempatkan Yesus pada urutan ke-3 setelah Musa dan Muhammad (Michael H. Hart [1978]: The 100: A ranking of the Most Influential Persons in History. New York, Hart Publishing Company, Inc.).

      PERNYATAAN TUHAN VERSUS PERNYATAAN PAULUS

      Pernyataan Tuhan:

      Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku. (Kejadian 17:14)

      Pernyataan Paulus:

      Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1Korintus 7:19)

      (Menurut Tuhan, sunat itu hukumnya WAJIB dan merupakan hukum Allah yang teramat penting. Sebaliknya, menurut Paulus, sunat itu tidak penting karena ia sama sekali bukan merupakan hukum Allah. Pernyataan Paulus inilah yang diikuti umat Kristen.)

      PERNYATAAN TUHAN VERSUS PERILAKU UMAT KRISTEN

      Pernyataan Tuhan:

      Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya… (Keluaran 20:4-5)

      Perilaku Umat Kristen:

      Membuat patung Bunda Maria, patung Yesus, patung salib, dan patung tokoh-tokoh Kristen. Sebagian umat Kristen juga memuja-muja kepada patung Bunda Maria dan patung Yesus.

      (Perilaku umat Kristen dengan membuat dan memuja patung-patung tersebut, bertolak-belakang dengan pernyataan Tuhan dalam Keluaran 20:4-5 dan Ulangan 5:8-9.)

      II. MATIUS VERSUS LUKAS: Berbagai Kontradiksi tentang Yesus.

      1. Siapa Yang Memberi Nama “Yesus”?

      Menurut Matius 1:20-25, malaikat Tuhan bertemu dengan Yusuf dan memerintahkan Yusuf untuk memberi nama “Yesus” kepada anak yang akan dilahirkan oleh Maria. Tetapi menurut Lukas 1:28-35, malaikat Tuhan bertemu dengan Maria dan memerintahkannya untuk memberi nama “Yesus” pada anak yang akan dilahirkannaya.

      2. Zaman Kelahiran Yesus.

      Menurut Matius 2:1-8, Yesus dilahirkan pada zaman raja Herodes, tetapi menurut Lukas 2:1-20, Yesus dilahirkan pada zaman kaisar Agustus (sesudah zaman Herodes), yakni ketika diadakan sensus penduduk di Yedea.

      3. Masa Kecil Yesus.

      Menurut Matius 2:1-15, sesudah Yesus dilahirkan maka ia langsung dilarikan bersama ibunya oleh Yusuf ke Mesir sampai raja Herodes mati. Tetapi menurut Lukas 2:6-46, sesudah Yesus dilahirkan, ia dibawa ke Yerusalem kemudian ke Nazareth dan tinggal di sana selama 12 tahun.

      4. Silsilah Yesus.

      Menurut Matius 1:2-16, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 40 keturunan, tetapi menurut Lukas 3:23-34, silsilah Yesus dari Abraham hingga Yesus terdiri atas 56 keturunan. Disamping itu juga, nama-nama keturunan dalam kedua silsilah Yesus tersebut hampir semuanya berbeda.

      5. Masa Berlaku Hukum Taurat.

      Menurut Matius 5:17-20, hukum Taurat berlaku hingga hari kiamat dan barangsiapa yang hidupnya tidak lebih baik dari ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, maka ia tidak akan masuk ke dalam kerajaan surga. Tetapi menurut Lukas 16:16, hukum Taurat berlaku sampai kepada zaman Yohanes Pembaptis.

      Wassalaam.

      • truth_seeker mengatakan:

        Ga bosan ngebahas kepalsuan bibel nya orang kristen???
        Dua puluh pertanyaan menunjukkan bahwa fakta dan Alkitab sama sekali menolak dugaan ketuhanan Yesus itu sudah usang dan sudah terjawab di berbagai forum.
        Ente cuma sanggup copas doang. Dasar ciri-ciri Pengikut PLAGIARIST!!!!
        HAL YANG PALING SERU SAAT INI ADALAH SIAPAKAH PLAGIARIST TERBESAR SEPANJANG 15 ABAD INI???
        SIAPAKAH YANG MENGAKU-NGAKU NABI PADA ORANG JAHUDI YANG TERNYATA CUMA SEORANG PLAGIARIST?
        FAKTA YANG MEMBUKTIKAN BIBEL BAGIAN PERJANJIAN LAMA ITU ISINYA CUMA SALINAN DAN EDITAN DARI KITAB SEBELUMNYA (KITAB PARA AHLI-AHLI TAURAT), BOLEH DI KATAKAN SINOPSIS KITABNYA ORANG JAHUDI.
        NAH SEKARANG YANG LUCU ITU KOK UDAH ITU KITAB CUMA SALINAN MALAH DI JIPLAK SEPOTONG-SEPOTONG SAMA SANG PLAGIARIST, LALU DI TAMBAH-TAMBAHIN BERBAGAI BUMBU DAPUR SAMPE SAMPAH-SAMPAH PUN MASUK.
        JADILAH SEBUAH KITAB YANG SANGAT DI AGUNG-AGUNGKAN SAMA PARA PENGIKUT SANG PLAGIARIST.
        YANG ANEH NYA SEKARANG PARA PENGIKUT PLAGIARIST TERSEBUT HEBOH NGEBAHAS KESALAHAN-KESALAHAN BIBEL.
        SEMUT DI UJUNG LAUTAN ANDA BISA LIHAT, GAJAH DI PELUPUK MATA GA BISA ANDA LIHAT.
        RUNUTAN SEJARAH NYA TAURAT-BIBEL-SAMPAH
        KENAPA SAYA BILANG SAMPAH, KARENA CUMA SANGGUP MENCONTEK ISI KITAB-KITAB SEBELUM NYA.
        KALO KITAB SEBELUMNYA CUMA BERISI DONGENG, SEHARUSNYA KITAB YANG TERAKHIR MENGKOREKSI DONGENG-DONGENG TERSEBUT LALU MELURUSKAN NYA.
        TAPI YANG TERJADI KITAB YANG TERKHIR JUSTRU MEMBENARKAN DONGENG-DONGENG TERSEBUT BAHKAN MENYATAKAN BAHWA DONGENG-DONGENG TERSEBUT ADALAH FIRMAN AULOH.
        MASYA AULOH. KITAB TERAKHIR INI BENAR-BENAR SAMPAH BUSUK.
        BAU NYA MENYENGAT…MAU MUNTAH BACA NYA….WKWKWKWKWKWK

      • pauluspendusta mengatakan:

        wkwkwkwkw….ckckckckck gue yakin bahwa ente bukan kyai atau ustad tapi pemahaman ente tentang alkitab bisa lebih hebat dari pendeta atau uskup sekalipun…..bagaimana jika yang memaparkan kristen adalah kyai atau ustad yang lebih paham dari ente pasti akan lebih parah lagi kepalsuan dongeng si paulus….tentang agama dongeng si paulus….gue yakin si paulus di akherat lagi digantung dan dijewer si yesus karena jago dongeng….dongeng ginian mah anak2 islam aja dah tau apalagi tingkatan ustad ma kyai…. kalo si truth seeker mau bedebat lagi lu bawa deh raja dongo si ketua DGI and orang paling keblinger di ikan paus….dan kalo mau agama lu di telanjangi jangan coba2 lu ngarang pendapat kaya diatas karena ilmu lu ga bakalan cukup untuk bedebat walaupun itu kaum anak2 muslim….lu bisa ngejelasin kelemahan islam melalui dalil alquran aeperti saudaraku diatas ngejelasin lu berdasarkan dalil injil wkwkwkwk,,,,makanya kalo belajar ketempat yang bener jangan ke tempat pendekar/pendeta atau ikan / paus

      • abdul mengatakan:

        dia ini ma nihilist alias. calon pengikut Dajjal, ga usah di komentari he.

    • dudie mengatakan:

      Masih tersisa juga manusia tolol seperti (Kentuth_seeker) ini..haha! Bahasanya refleksi dari keyakinan yg dia anut.

      • feri mengatakan:

        Seeker,,, silahkan aja lo berpendapat macem2 tentang islam dan Al quran. dunia ini adalah surga nya kafir. nikmatin aja surga lo sekarang. nanti kalo lo mati, gak bakalan nikmatin surga yng sesungguhnya.

    • Hamba Allah mengatakan:

      Anda harus mati dulu baru anda akan tahu yang benar-benar terjadi, saat itulah anda menginginkan kembali ke BUmi dan bertobat mengakui adanya tuhan tapi sudah terlambat, so sebelum terlambat bertaubatlah, atau pilih mati sekarang biar anda mengetahui lebih cepat apakah itu dongeng seperti yang anda bilang, hanya ada satu tuhan di alam semesta ini Allah SWT, semoga Allah memberikan hidayah untuk membuat anda tersadar sebelum kematian anda

    • hamba ALLAH mengatakan:

      kalau anda memang mengaku beragama islam dan tidak pro terhadap yahudi mengapa komentar anda seakan-akan memojokan agama islam, jujur saya sebagai seorang muslim merasa telah di hina tolong sebelum anda komentar, anda pikir dulu apa yang anda bicarakan, please jangan buat umat islam marahhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • devil mengatakan:

      truth_seeker : setan luh..

    • devil mengatakan:

      truth_seeker : orang mane si luh ? anak sekolahan mane ? >> gw cari luh sampe lubang semut sekalipun>>

    • vera mengatakan:

      Sebenarnya yang bodoh kamu atau informasi disini?
      saya yakin itu kamu…

    • HAHAHAHAHAHAHAHAH>>

      KASIAN SEKALI ANDA INI, KELAK DI HARI KIAMAT ANDA AKAN TAHU SIAPA YANG BENAR,….

    • Ikhwan Al Muslim mengatakan:

      Untuk yang merasa Muslim.. S.O.P dakwah ada di Surat An Nahl :125
      “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik
      dan debatlah mereka dengan cara yang baik.
      Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya
      dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

      mohon untuk tidak terpancing emosi, orang yang sedang marah itu temannya setan..dan kelihatan banget bodohnya😀
      untuk artikel dengan referensi yang tidak jelas dan dasar kebenarannya lemah juga mohon tidak asal di CoPas.. Fanatik yang berlebihan hanya mendatangkan sifat sombong
      memangnya sudah pasti masuk Surga koq berani sombong ? Surga itu bukan tempatnya orang sombong lho..heheheheee

      orang mau berpendapat apa saja tentang Islam tidak ada yang melarang.. toh dia sudah berusaha mempelajari mencari tahu tentanf Islam, di do’a kan saja semoga lain waktu bisa mendapat hidayah..

    • Umar mengatakan:

      Selamat Menyaksikan, semoga bermanfaat dan agar anda JELAS, kenapa agama Yahudi, Kristen, Budha dll kecuali Agama Islam adalah Pengikut Dajjal.

    • siti sitian mengatakan:

      anda yang goblok, agama anda yang banyak kebohongan, buktinya santa claus yang nyatanya boong tetep dipertahankan, alquran itu penyempurna semua kitab sebelumnya. truth-seeker semoga nanti anda menyadari kesalahan anda (itu juga klo anda masih panjang umur) dan bertobat, dan mengakui kebenaran Islam

  18. socrates mengatakan:

    kepada: truth_seeker
    You sering bicara sejarah, tapi ternyata you tdk ngerti sejarah! kisah para nabi di Bible yahudi-Kriten dan juga Al Qur’an bukanlah kisah dongeng belaka, tapi itu kisah nyata yang Allah turunkan untuk menjadi pelajaran bagi manusia. Kalo mengatakan kisah para nabi (Nabi Nuh, Ibrahim, Musa dsb) adalah dongeng belaka, maka itu karena you buta sejarah.
    You mengatakan ada kitab-kitab sebelum taurat, injil, dan Qur’an, coba sebutkan kitab-kitab itu? You hanya ikut-ikutan orang atheis saja!
    You mengatakan bahwa Qur’an adalah produk plagiatisme. apasih difinisi plagiat itu? plagiat itu mencontoh apa adanya sehingga 100% sama antara yang nyontok dengna yang dicontoh. Kalo you baca kisah-kisah para nabi dalam qur’an edngan cerdas, you akan dapati bahwa kisah di Al Qur’an berbeda dengan kisah dlm kitab-kitab sebelumnya, dan qur’an meluruskan apa yang salah dalam kitab-kitab sebelumnya, contoh dalam Bible yahudi dikatakan semua raja mesir zaman nabi Yusuf hingga zaman nabi Musa, raja-raja mesir disebut Fir’aun (pharao). sementara itu di dalam al Qur’an tidak begitu, justru Al Qur’an mengkoreksi kesalahan itu: Al Qur’an menyebut raja-raja mesir zaman Nabi Yusuf dengan sebutan “Azis”, sementara itu utk raja-raja mesir zaman Musa disebut dengan Fir’aun. Qur’an membedakan ini karena yang memerintah mesir pada zaman dua nabi itu berbeda suku bangsa. pada zaman nabi Yusuf, yang memerintah bumi mesir dalah kaum Hyksos keturunan semit dari palestina berbahasa arab purba (masih ada hubungan suku nabi yusuf), maka Qur’an tidak menyebut raja mesir sebagai “fir’aun” ato pharao. tetapi ketika zaman Musa, raja-raja di mesir sudah bukan lagi keturunan Hyksos (semit) tapi keturunan nubia orang berkulit hitam dari mesir selatan, maka qur;an menyebut Fir’aun. jika qur;an menjiplak kitab seblumnya, maka qura;an akan terikut salah.
    utk mengakhiri polemik, ini saya ada tawaran utk you:
    you begitu berani mengatakan bahwa nabi Muhammad adalah seorang plagiatisme. karena ‘keberanian’ kata-kata you ini, you harus berani bertanggungjawab, oleh itu you saya tantang utk bersumpah terhadap pendapat you ini. sumpah itu redaksinya begini: “saya bersumpah bahwa nabi muhammad adalah plagiatisme, jika ternyata pendapat saya ini salah maka saya bersedia mendapat azab/bencana secepatnya”.
    Keberanian you, saya tantang disini dengan sumpah itu. ini sebagai tanggungjawab you atas tuduhan kepada Nabi Muhammad saw. Kalo you gentlemen, silakah ucapkan sumpah itu dan tulis dalam situs ini, dan pasti you akan merasakah azab dari Allah akan menimpa you secepatnya. saya tunggu sumpah you, kalo you tak berani, maka you memang orang brengsek dan pengecut!
    dan kalo you tak berani, maka berarti masih ada setitik kebaikan dalam hati you, dan semoga setitik kebaikan itu akan Allah pandang dengan kebaikan pula shg Allah akan kasih you hidayah dari-Nya.
    saya tunggu!

    • adit mengatakan:

      buat truth_seeker
      wah truth_seeker ga brani bersumpah tuh takut kualat kayaknya

    • dudie mengatakan:

      mana berani manusia pembohong mau bersumpah, karena dalam hatinya dia yakin akan kebenaran Islam dan kebohongan agamanya. sombongnya aja selangit….! malu2 in Paulus lu, wkwkw

    • KEPO BGT SIH!!!! mengatakan:

      Buat lo yang ngerasa pake nickname TRUTH_SEEKERS !! jangan ngerasa lo!! tau segalanya tentang islam, ampe lo besar kepala kaya gitu!!! lo ngurusin agama orang, emang lu udah ngerasa bener ngurusin idup lo hah!!???
      dont talk about moeslim, if you dont know what you say!!
      Think!! the last bedroom for us is the GRAVE, so dont SONGONG ok??!
      karena sombong itu hanya milik ALLAH bukan AULAH (belajar ngeja aja salah, mau so so-an benerin agama orang) :p >:O

      Lu sekarang mungkin udah sedikit sadar, atas apa yang lu post lewat blog ini. Banyak orang yg udah ngoment post lu!! tapi ko gua kaga liat batang idung lo sedikit pun!!
      Lo takut?? ngungsi aja sana ke ISRAEL..

      dasar LO GJ BADAI (postan lu tu ga ada manfaatnya bagi umat islam)
      CTAR !!!!

    • pauluspendusta mengatakan:

      ga usah dibahas bro…kalo suruh dia baca yang bener jelas2 alquran beda ma cendil eh injil, jelas jelas isinya berlawanan,..kecuali mungkin dia buta huruf ga bisa baca

    • siti sitian mengatakan:

      truth_seeker kayanya merinding ga bisa tidur tuh

  19. rezzzz mengatakan:

    qs al baqoroh ayat 6-7: Sesungguhnya orang-orang yang kafir, apakah mereka telah engkau beri peringatan atau belum, mereka tetap tidak beriman. Allah telah menutup pada hati mereka, juga pada pendengaran mereka, serta pada mata mereka, suatu ghisyawah.Dan mereka berhak mendapatkan siksa yang besar
    “kasian ya orang2 kafir”

  20. Yesus Bangke mengatakan:

    buat Kentut Seeker…
    Sampe ketemu di akherat yee… lw masuk NERAKA gara2 perbuatan lw, sedangkan gw masuk SURGA… wakakaaaa… Mampus loeee….

  21. busana muslim mengatakan:

    “Menjelang Kiamat nanti, pintu itu akan jebol. Mereka keluar dan membuat onar dunia, sampai turunnya Nabi Isa al-Masih ” –> berarti kaum ya’juj ma’juj sampai skr msh hidup ya?

    • pejoeang Islam mengatakan:

      yakjuj makjuj itu sudah ada sejak jaman Khalifah Umar bin Khattab

      • Java_Hermana mengatakan:

        Dikurung sama Iskandar Agung/Iskandar Dzul Qarnain, Nih penjelasan singkat:

        Dalam Islam:
        Dalam surah al Kahfi bahwa Zulqarnaen, dalam sebuah perjalanannya sampai disuatu tempat di antara dua gunung. Dia menemukan suatu kaum yang tidak dikenali bahasanya. Kaum itu mengadukan kepadanya bahwa ada bahaya mengancam mereka yaitu dari Ya’juj dan Ma’juj dan mereka meminta untuk membangun tembok yang dapat melindungi mereka dari kejahatan Ya’juj dan Ma’juj. Kemudian Zulqarnaen memenuhi permintaan mereka.
        Ya’juj dan Ma’juj adalah dua bangsa yang sangat besar jumlahnya. Mereka masih keturunan Adam, sebagaimana di jelaskan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim.

        Wujud Ya’juj & Ma’juj:
        Walaupun mereka dari jenis manusia keturunan Adam, namun mereka memiliki sifat khas yang berbeda dari manusia biasa. Ciri utama mereka adalah perusak dan jumlah mereka yang sangat besar sehingga ketika mereka turun dari gunung seakan-akan air bah yang mengalir, tidak pandai berbicara dan tidak fasih, bermata kecil (sipit), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya seakan-akan wajahnya seperti perisai dan sifat-sifat lain.[2]
        Ada pendapat yang mengatakan bahwa berdasarkan keterangan Surah al-Kahfi 92-98, fakta relevan mengenali Ya’juj & Ma’juj ialah:

        Pengertian:
        1) Negeri Ya’juj & Ma’juj = Khazaria & Russia (Ya’juj adalah koalisi Anglo-American dan Israel sedangkan Ma’juj adalah Russia)
        2) Jalan ke utara = ke utara Iran menuju ke Armenia
        3) Di antara dua gunung = Gunung Kaukasus
        4) Kaum hampir mereka tidak memahami perkataan = Kaum Armenia
        5) Tembok besi = Daryal Gorge/Gerbang Iberian/ Gerbang Kaukasia

  22. fauzur mengatakan:

    terimakasih ilmu pengetahuaanya .
    saya copy ya

  23. dewi mengatakan:

    askum, infonya bagus bangetttt……mas, saya poskan ini di blog saya yaah.. supaya org2 lain juga baca

  24. nur syafinie mengatakan:

    salam,ya’juk ma’juk tu betul2 wujud ke???

  25. Jayareja mengatakan:

    sudah sering denger siii tentang yajuj dan majuj….(waktu ngaji)ehehhee
    tapi belum pernah se-Detail ini….

    makasih yaaa infonyaa….
    semoga kita semua tak di beri kesempatan melihat keOnaran yang mereka(yajuj dan majuj) perbuat di muka bumi,,dan semoga kita semua dilindungi dari fitnah DAJJAL….amiiinnn

  26. Zebulon mengatakan:

    THANKS ATAS INFORMASINYA

  27. maulida mengatakan:

    waaahhhhh…seru juga ya perang komennya si kentut seeker nih….orang bodoh yang banyak omongnya makin keliatan bodoh. klo emang pencari kebenaran nyari ilmunya dulu dong, jangan pake prasangka dulu…fighting bwt sang pembawa ilmunya.

  28. syaiful bahri mengatakan:

    saya sgt senang dgn adany berita seprt. ini
    krn bsz menambh pngtahuan saya
    jd pgen prg kesana nich jd nya

  29. gayus mengatakan:

    kasian yaa , si kentut seeker

  30. Panji Negeri mengatakan:

    Jika dinding zulqarnain adalah dinding biasa, mengapa tidak dapat ditembus (QS. Al Kahfi (18) ayat 97) , ataupun diputari?… Sebab logikanya, kalau cuma berbentuk dinding di lereng gunung, Ya’juj dan Ma’juj, bisa mencari jalur lain…

    Dan Ya’juj dan Ma’juj, tentu bukanlah bangsa yang dungu, yang tidak tahu, cara memutari dinding… (jika dinding tersebut, adalah dinding biasa yang posisinya, sangat tergantung pada gravitasi bumi)…

    Dan yang lebih aneh lagi, jika mereka terkurung tidak bisa kemana2… bahkan melobangi tanah-pun tidak bisa, bagaimana mereka bisa makan ?… Bukankah menurut tulisan di atas, mereka keturunan Nabi Adam juga, yang memerlukan energi ? dan perlu di-ingat, mereka saat ini, bukan seribu atau dua ribu orang, tapi mungkin sudah ratusan juta jumlahnya ???

    Saya menduga, tulisan diatas berdasarkan pandangan cendikiawan muslim, dari masa beberapa abad yang lampau…

    Dan kalo melihat kondisi saat ini, kita tidak perlu terlalu khawatir… karena Ya’juj dan Ma’Juj cukup dihancurkan dengan 5 buah rudal nuklir… (lagipula menurut tulisan di atas, sudah bisa ter-identifikasi lokasi tempat berkumpulnya Bangsa Ya’juj dan Ma’juj) ???

    • numpang lewat mengatakan:

      Hehe kun fayakun. ilmu dan akal manusia adalah keterbatasan.
      semasa hidup anda diberikan pilihan mana yg baik dan buruk. dan kita pun tau akibatnya. tak perlu debat baik2 lah terhadap smua makhluk juga sang pencipta. salam perdamaian saudaraku semuanya.

    • blinkboyz mengatakan:

      soal nuklir
      setelah adanya kabut hitam (dukhan) semua persenjataan dan alat2 modern tidak bisa digunakan

    • sasa mengatakan:

      Mw coba balas,, saya pernah baca kalo ya’jud ma’jud itu alien,,,,
      Yang ditutup oleh dzulkarnain adalah ‘worm hole/dimensinya’ si ya’jud ma’jud (sama seperti malaikat, turun ke bumi dengan ‘jalannya/worm holenya’ makanya bisa cepat).

      Disebutkan di Qur’an mereka turun dari seluruh tempat yang tinggi, kalau hanya turun dari sebuah gunung, tidak mungkin ada kata2 ‘seluruh’.

      Mereka juga tidak mati2 sampai sekarang hingga akhir jaman, dan matinya dengan ulat bulu,,, kalau manusia, kok tidak mati2 dan matinya dengan ulat bulu?? Wallahu ‘alam

    • ruslirobotics01 mengatakan:

      Allah memberikan tumbuhan sejenis lumut (yg tdk ada habisnya) di dalam sana, itu adalah makan satu-satunya bagi kaum yg berada di dalam sana.

  31. ragilbasuni mengatakan:

    masih penasaran bagaimana kemunculan Dajjal dan Ya’juj & Ma’juj nanti… ???

  32. yudha mengatakan:

    Ya’juj dan Ma’juj apakah akan datamg???

  33. bronjul mengatakan:

    hangat ya diskusinya,
    bolehkah tau dimana cara dapatin Muzhat al-Musytaq fi Ikhtiraq al-Afaq, al-Syarif al-Idrisi?
    tertarik membacanya.
    terimakasih.
    (serk_5075@yahoo.com)

  34. bolpen parker mengatakan:

    untuk fotonya kurang jelas masalah tembok besinya, apakah suku ya’jud dan ma’jud adalah suku yang terisolasi atau bagaimana?

  35. penasaran mengatakan:

    Apa pun tentang keberadaan dinding
    penutup tersebut, ia memang terbukti ada
    sampai sekarang di Azerbaijan dan
    Armenia.

  36. zabaniyyah mengatakan:

    gw lagi curious ama gog n magog, ada banyak artikel menarik ternyata… seperti tulisan disini, dan juga di
    http://garudabangsaku.wordpress.com/2012/07/28/gog-magog-yajuj-majuj-pencuri-identitas-yahudi-yahudi-palsu/comment-page-1/#comment-47

  37. bimbim mengatakan:

    asllkm… setau ane yajuj n majuj adalah manusia keturunan nuh. yg dmn d jmannya adalh perusak, dll. d jaman itu jga masyarakat yg resah dengan olah yajuj n majuj.mungkin di jaman itu juga allah menurunkan nabi zdurkarnaen sebagai penyelamat d jaman itu. dengan d beri wahyu bisa membuat tembok atau penjara besi/tambaga yang bisa mengurung yajuj n majuj sampai sekarang ini. mungkin kedengarannya benteng itu bikin penjuru dunia ingin melihatnya, tetapi kebesaran allah atau janjinya bisa kita lihat sesudah dajjal mati, hingga saatnya yajuj n majuj bisa keluar dari sarangnya. mungkin kita hanya bisa menalarkan dr alquran saja. karna alquran bahasanya wibawa yang mungkin orang hanya bisa mengumpamakannya. akan tetapi yajuj n majuj adalh manusia/ suku keturuna nabi nuh yg terkait dgn suku mongolia yg di jamannya sangatlah kejam d jamannya.

    wassalm…

  38. rockman mengatakan:

    jancok kabeh.. law laintau salah ya udahh. ngapai kalian smua ribut dn emosi.. biarknlh ja lah

  39. devares mengatakan:

    dari blog anda, ada sesuatu kalimat yang ganjil
    “Menjelang Kiamat nanti, pintu itu akan jebol. Mereka keluar dan membuat onar dunia, sampai turunnya Nabi Isa al-Masih.”

    dari sumber2 yg gwe tau, Nabi Isa AS turun ke bumi terlebih dahulu sebelum datangnya Ya’juj dan Ma’juj yaitu pada masa Dajjal berkuasa di bumi.Sedangkan Nabi Isa AS berserta kaum muslim lainnya akan terpojok bertahan di suatu gunung selama 7 tahun.ada juga pendapat mengatakan Nabi Isa telah kembali ke rahmatullah pada masa Ya’juj dan Ma’juj membuat keonaran di bumi.
    WaAllahu ‘Alam

  40. Amirul Adli mengatakan:

    wah keren gan..
    ane sedang mencari informasi tentang ya’juj dan ma’juj..

  41. vera mengatakan:

    Semakin banyak yang saya ketahui mengenai tanda2 hari akhir dari tulisan ini…
    terima kasih atas informasinya,,
    semoga berguna bagi kita umat muslim nantinya….

  42. Nathaniel mengatakan:

    I just wanted to notify you that I found your webpage
    on and while I liked looking through your post, it appears your
    blog acts up in a few web browsers. Whenever I look at your site in Chrome, it looks fine
    however, when opening in Firefox, it has a few overlapping issues.
    I simply wanted to provide you with a little alert, that’s all.

  43. Bismillah4444 mengatakan:

    Baguuuus… bagus…

  44. ahmad hamid mengatakan:

    baguuuus. bagus, dilajengaken..

  45. henny mengatakan:

    .Buat truth seeker..semoga Allah mengampuni dosa2 anda karna telah mengatakan bahwa al qur’an kitab yg diturunkan oleh Allah melalui Rasulullah seperti yg anda katakan di atas ” bau busuk dsb”. Semoga Allah membukakan pintu hidayah buat anda, jika tidak dibukakan anda adala orang yg paling merugi di dunia dan akherat karana telah mendustakan islam dan terlebih lagi alqur’an.. Yesus itu bukan tuhan, tapi hanya nabi yg diutus oleh Allah. Tuhan itu satu (Esa) bukan tiga (trinitas)..agama yg benar adalah islam, karna utk semua kaum tidak seperti bani israil yg sombong dan nasrani..islam utk semuanya (universal) tidak memandang kasta, suku, daerah, warna kulit dll..agama yang benar hanya satu yaitu ISLAM..islam yg bersumber pada Alqur’an dan hadis (sunah)..

    • Fika mengatakan:

      Ampuni aja lah si seeker itu.. yg menyebabkan dia ngomong bgitu kan setan.. smg Allah memberi dia hidayah..

  46. bani java mengatakan:

    Kalo ya’juj-ma’juj ini manusia, bgimna cara dy hiduo klo dikurung di dlm tembok besi selama berabad2? jdi penasaran gue, pgen ktemu trs diajak tobat aja, psti mreka gk pernh liat dunia luar, trs kyk gimna ya peradabanny?

  47. bani java mengatakan:

    kalo tau yajuj majuj ada di negara Georgia dan diramalkan bakal bikin kerusakan di bumi, kenapa tdk dibinasakan saja mereka semua? toh masih terkurung di balik tembok to? pasang bom nuklir aja disitu biar habis toh wilayah situ jauh dr penduduk.

  48. Abdul Syaid mengatakan:

    TAPI YANG SAYA HERAN KATANYA PINTU YA’JUJ MA’JUJ SUDAH DIKETAHUI SEJAK LAMA, KENAPA TIDAK ADA PENELITIAN LEBIH LANJUT DARI PARA ULAMA, BAHKAN YANG BIKIN FOTO NYA AJA SI M’BAH GOOGLE, APA HARUS GW YG KESANA TERUS FOTO-FOTO.

  49. abi basmallah mengatakan:

    Di harian Republika hari jumat tgl 7 Feb ’14 ditulis perjalanan Sallam tsb lebih masuk akal yaitu 28 bulan bukan 27 hari spt disini. اللهُ أعلم

  50. Francisca mengatakan:

    On the chance a plant resides somewhat close to a human population, the concentration of gases
    may constitute a health hazard, aside from being a source of offensively
    odiferous gases. Remember, not all grit is just dirt; it can include
    many different elements and materials that can’t be removed through
    the pooling process. In wastewater treatment,
    a p – H control system that uses a programmable p – H controller and p – H
    probe to proportionally control the flow of carbon dioxide injection decreasing the p – H from a basic level to a programmable set point, can substantially streamline any p – H adjustment process.

  51. Fika mengatakan:

    Makanya, baca Alqura itu jgn lupa baca artinya.. jgn cuma sampai kerongkongan aja.. Allah Ta’alaa byk kasih ‘bocoran’ loh.. contohnya ya’juj ma’juj ini.. Janji Allah itu pasti, bahwa nanti ya’juj ma’juj turun dr tempat yg tinggi, begitu juga nabi isa, dan dajjal.. tapi Allah berjanji dua kota: madinah dan makkah ga akan bisa dimasuki dajjal, dan ya’juj ma’juj.

    Buat yg beragama lain, Kalau mau tau ‘bocoran’ lain.. coba deh baca artinya ayat2 quran (contoh surat Al Kahfi). Quran itu bukan buatan manusia, Allah menjamin tidak ada kebengkokan didlmnya.. dan menjamin tidak ada keraguan didlmnya.

    Saya tdk memaksa yg non muslim untuk pindah, tapi coba baca deh ‘bocoran2’ Allah yg diwahyukan ke nabi Muhammad dlm Quran.

  52. mbahjo paijo mengatakan:

    nyimak B-)

  53. ramons mengatakan:

    Sedikit sayh tau tidak jauh smuanya dri yg sayh baca cerita tantang artikel ini antara parcaya dn tidak tpi melalu fakta yg sayh baca bayank hal menyebut bahwa ya’jut ma ju’t itu keturunan anak nabi nuh itu melalu sejarah sejarah yg sayh baca tpi kita manusia cuma bisa bicara wlpun blum terbukti sayh hidup dengan kalin skrng apa pun yg sayh liatdn syh bca syh boleh keritik sbb gk da yg melarang kan ? Yg lebih pasti nya semunya kepunya allah dia lebih tau dri sega sswtu apaun biar lah dia yg menghurus semynya sbb langit dn bumi alam semesta ini cuma milik allah.. Dn trima kasi atas crita dan sejarah yg terulis di atas ini setidak nya kita lebih dekatkn dri sma sang halik..yaitu allah.. Trima kasi salam damai semunya aslamualaikum wr wb.

  54. Umar mengatakan:

    Dari pada panjang lebar membahas si Paulus dan si Yesus simak pencerahan untuk kalian semua khususnya untuk saya pribadi. umumnya untuk kalian semua, bahwa si Paulus dan Yesus adalah budak Dajjal. semoga bermanfaat amin.

    • Jimmy mengatakan:

      Yesus itu bahasa Yunani, kalau di Islam kan Nabi Isa a.s, sama kok hanya bahasa penyebutannya berbeda. Jadi kalau antum menghina Yesus otomatis menghina Nabi Isa a.s, mohon untuk bertobat secepatnya.

      • dedi fernando mengatakan:

        Jangan samakan Nabi Isa dengan YESUS sebab Yesus itu adalah sebenarnya YUDAS ISCARIOT yang telah berkhianat pada nabi isa sedangkan nabi isa adlah utusan allah

  55. Jimmy mengatakan:

    Klo gerbang besinya masih ada, kok saya cari2 gak ada ya di internet. Setahu saya sih temboknya tembok gaib, bukan tembok biasa besi di cor.

  56. Nasri Budi Mulyono mengatakan:

    Kenapa ya kalo ada artikel yg menyangkut agama selalu ada pertentangan atau lebih jelasnya setiap artikel yg dikomentari selalu aja ada provokatornya, kemudian ada yg mancing2 ada yg memaki dan semua perkataan tidak mencerminkan orang yg beragama, tidak sopan dan arogan

  57. hamba Allah mengatakan:

    Asalamu alaikum wr.wb. semoga kita semua sebagai muslim ada dalm ridho Allah swt.memang semua artikel yang telah admin kemukakan semua dibenarkan dalam al-qur’an.maka dari itu mari kita baca al-qur’an dan tak lupa kita pahami juga isinya.kalau kita hidup berdasarkan petunjuk yg ada pada al-qur’an, Insya Allah kita selamat d dunia dan d akherat.mari kita saling mengingatkan sesama muslim dan mari kita perangi kesesatan.wassalam

  58. Terpuji mengatakan:

    Maaf untuk mas truth_seeker jangan beribadah menyanyi2 digereja saja.! baca tu al kitab lo sampai tamat. baru kamu boleh komentar. saya mo tanya : ada yang mengatakan yesus akan dibangkitkan kembali. dan sampai sekarang dia tidak bangkit2!!, ha kenapa y yang namanya Tuhan (ESA) kok bisa mati??? ini pertanyaan aneh. Bukankah yang namanya Tuhan Itu kekal Hidup.!! Berarti Tuhan klen punya malaikat maut yang diciptakan yesus,malah membunuh Tuhannya sendiri (SaliB)ini memang aneh termasuk penghianatan antar Tuhan dan Ciptaannya. Bukankah yng namaya ciptaan Tuhan takut akan Murkanya. ni kok malah tuhannya Mati. ha jelas ni permainan dari paulus.atau 12 anggota jemaat dari ISA Almasih (Putra Maryam Yang meyembah ALLAH SWT) termasuk diantaranya pauluslah yng telah meyembunyikan kitab injil yang asli yang hanya menyembah kepada Tuhan ALLAH yang ESA.dan dikitab injil yang asli ada keterangan Muhammad disana mereka Paulus Pengecut. sebenarnya ada didalam alqur’an sipendeta2 kristen hanya untuk harta semata, dan tidak membawa kalian kesurga. Kisah TUHAN ALLAH YANG ESA agama islam seperti ini ALLAH menciptakan Malaikat Maut berikut kutipannya : Bukankah Tuhan Menciptakan Malaikat Maut??

    Setelah Kiamat Besar Semua Makhluk yang ada diLapisan Bumi dan Langitnya ini.
    dimusnahkan(matikan).Taukah kamu Malaikat Izra’il (pencabut Nyawa)
    DiCptakan Tuhan la Al-Maut ditangannya.sesunguhnya Al-maut itu lebih agung daripadanya.Kemudian Tuhan memberikannya kekuatan,sehingga al-maut itu menetap ditangannya.Setelah itu Al-Maut berkata: “y Tuhanku, izinkan aku untuk berseru dilangit sekali saja”.Maka,setelah diizinkan,berserulah ia dengan suara yang amat keras!!!. “aku ini adalah Al-Maut,Tugasku sebagai pemisah antara orang yang saling mencintai.Tugasku memisahkan antara anak dan ibunya, tugasku memisahkan saudara lelaki dan perempuan, tugasku menghancurkan bangunan2 dan gedung,tugasku meramaikan kuburan, tugasku mencari dan mendatangkan kamu semuanya,meskipun kamu berada dalam lapis benteng yang amat Kuat.Dan tiada satupun makhluk tidak merasakan kepedihanku”.

    Setelah selesai Kiamat (semua Makhluk mati),Tinggallah Malaikat maut dan TuhanNYA.Lalu Tuhan menyuruhnya untuk mencabut nyawanya sendiri,demi melihat dasyatnya sakaratul maut yang sedang terjadi terhadap dirinya.
    Beliau mengatakan” Ya Tuhanku seandainya saya Tahu ternyata pedih sekali Sakaratul Maut ini,Tidak akan Tega saya mencabut nyawa orang Mukmin (Islam)

    Apakah Tuhan Kamu Yesus (yang sudah mati) menciptakan Al-maut dan malaikat pencabut nyawa.??
    Perlu anda Tahu inilah ISA Almasih Sesungguhnya Tentang Nabi ISA Alaihi Salam.
    Kisah Nabi Isa ‘alaihis salam: Menghidupkan Orang yang Sudah Lama Mati

    Setiap nabi dan rasul dianugerahi mukjizat yang berbeda-beda oleh Allah SWT. Mukjizat adalah kejadian luar biasa untuk membuktikan kenabian dan kerasulan seseorang.

    Mukjizat yang diperlihatkan nabi dan rasul umumnya disesuaikan dengan kondisi umat pada zamannya. Pada masa Nabi Isa ’alaihis salam, masyarakat Bani Israil sedang dilanda penyakit materialis. Segala sesuatunya serba dinilai dengan uang, emas dan harta benda. Urusan dunia selalu dinomor satukan, sementara menyangkut keimanan, keagamaan dan bekal akhirat diabaikan.

    Read More -Nabi Isa mendapat tugas utama untuk mendidik ruhani dan tauhid kepada umatnya yang senang membantah. Karena itu ia diberi beragam mukjizat dan keistimewaan oleh Allah SWT untuk menopang perjuangan dakwahnya. Mukjizat yang paling awal terjadi ketika ia masih bayi, bahkan sesaat setelah dilahirkan. Waktu itu ia sudah bisa berbicara secara lancar dengan manusia dewasa. Ia menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan masyarakatnya. Hal tersebut terkait dengan pelecehan dan fitnah yang dialamatkan kepada Ibunya, yakni Siti Maryam.

    Mereka menuduh Ibu Nabi Isa seorang pelacur dan wanita murahan. Sebab, Ibunya tidak pernah menikah dan tidak mempunyai suami, tetapi bisa hamil dan melahirkan seorang bayi. Dengan tegas Nabi Isa menyatakan bahwa Ibunya tidak pernah bersalah. Ibunya termasuk perempuan baik, saleh, suci, dan berasal dari keturunan terpandang yang diberkahi Allah SWT. Membuat Burung dari Tanah Kaum Nabi Isa yang pandai berdebat sangat mengingkari adanya ruh dan hari kebangkitan. Oleh karena itu, mereka meminta Nabi Isa untuk menghidupkan orang yang sudah lama mati. Nabi Isa menyanggupinya untuk meyakinkan mereka yang terlampau mengagung-agungkan akal pikiran.

    Mereka kemudian beramai-ramai menunjukkan sebuah kuburan tua yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. ”Putra Maryam, kalau kamu memang benar utusan Tuhan, coba hidupkan orang ini! Seperti kami ketahui, tubuh orang ini sudah ditimbun tanah beberapa tahun lalu. Rambut dan dagingnya kami yakin sudah habis dimakan cacing. Tulang-tulangnya sudah terlepas dan hancur berantakan,” tantang salah seorang pemimpin Bani Israil, tangannya mengarah ke kuburan. ”Kamu jangan harap bermimpi di siang bolong, wahai Isa! Jika kamu bisa, kami baru percaya kepada dirimu dan Tuhanmu,” celetuk yang lainnya dengan nada sinis sembari berkacak pinggang. Kawan-kawannya memberi dukungan melalui isyarat bahasa tubuhnya. ”Baiklah, akan saya bangunkan orang ini atas izin Allah SWT,” jawab Nabi Isa, terlihat tenang. Nabi Isa langsung bermunajat kepada Allah SWT.

    Usai berdoa, Nabi Isa mendekati kuburan, lalu mengarahkan kedua tangannya. Ia memangil-manggil penghuni kubur. Seketika orang yang sudah mati itu hidup kembali. Jasad dan anggota tubuhnya tetap utuh dan masih lengkap, sama seperti dulu ketika ia hidup. Ia bisa berbicara dengan orang-orang yang hadir, terutama dengan Nabi Isa. ”Apa kalian sudah percaya dengan adanya hari kebangkitan atau hari akhir?” tanya Nabi Isa. Orang-orang Bani Israil tidak ada yang berani bersuara. Mereka serempak bungkam.

    Mereka masih kaget melihat peristiwa yang baru saja dilihatnya. Seakan-akan mereka disergap perasaan percaya dan tidak percaya. ”Kami masih belum percaya dengan kenabianmu. Coba tunjukkan kehebatanmu yang lain!” pinta seseorang lainnya, suaranya setengah berteriak. ”Apa lagi yang ingin kalian minta?” tukas Nabi Isa. ”Perlihatkan kepada kami cara membuat burung hidup dari tanah liat.” Nabi Isa kembali berdoa kepada Allah SWT. Selang beberapa menit, ia mengambil tanah liat yang ada di sekitarnya. Tanah itu dibuat seperti burung, lalu ditiup dan jadilah burung yang bebas terbang ke sana kemari. ”Ini bukti bahwa ruh itu ada pada setiap makhluk hidup. Sudahkah ini menunjukkan bahwa Allah SWT Maha Kuasa?” ucap Nabi Isa. ”Kami masih belum percaya kepadamu. Itu semua hanya permainan sihirmu. Dasar pembohong!” cetus masyarakat, lantas berbarengan meninggalkan Nabi Isa. Menurunkan Makanan dari Langit Pada satu kesempatan Nabi Isa sedang berkumpul bersama para pengikutnya di tempat ibadah.

    Mereka meminta Nabi Isa supaya menurunkan makanan dan minuman dari langit. Secara kebetulan, orang-orang yang tidak percaya dengan kenabian Isa mengetahui permintaan itu. Rupanya mereka ingin membuktikan sendiri secara kasat mata kehebatan Nabi Isa. Akhirnya mereka meminta izin ikut bergabung dengan umat Nabi Isa. Nabi Isa berdiri, lalu melangkahkan kakinya. Ia meletakkan tangan kanannya di atas tangan kirinya, kemudian menundukkan kepala untuk memulai bermunajat. ”Ya Allah Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit.” Saking khusu’nya berdoa, sampai-sampai ia menangis dan air matanya memasahi jenggotnya yang panjang. Seketika turunlah makanan besar dari celah dua awan: satu awan di atasnya, satu awan di bawahnya. Saat itu orang-orang melihatnya penuh takjub.

    Nabi Isa melanjutkan doanya, “Ya Allah Tuhan kami, jadikanlah makanan ini sebagai rahmat dan jangan menjadi fitnah bagi kami.” Makanan dari langit itu turun di hadapan Nabi Isa. Aroma dan baunya sangat harum, menggoda lidah siapa saja untuk segera menyantapnya. Nabi Isa tersungkur dalam keadaan sujud syukur yang diikuti oleh umatnya. Setelah itu mereka makan bersama. Bahkan orang-orang yang semula tidak percaya dengan Nabi Isa langsung meyakini ajaran-ajarannya. Sementara bagi pengikut Nabi Isa, mukjizat ini semakin mempertebal keimanannya kepada Allah SWT. Dikisahkan, makanan itu tidak habis-habis, meski dimakan oleh ribuan orang. Nabi Isa Dituduh Tukang Tipu Pakaian sehari-hari yang dikenakan Nabi Isa terbuat dari bahan wol murah. Penampilannya sungguh sederhana, bersahaja, namun tidak membuatnya minder.

    Hal ini tidak seperti umumnya warga Yahudi pada masa itu yang senang bermewah-mewahan. Tetapi jangan dikira, ujung bajunya itu jika disentuh orang yang sakit, maka orang itu akan sembuh. Penderita kusta atau lepra, penyakit belang atau yang mengidap penyakit kronis lainnya, seketika bisa sembuh bila tersentuh baju Nabi Isa. Bahkan jika Nabi Isa meletakkan tangannya di atas mata orang yang buta, maka orang itu langsung dapat melihat keindahan dunia. Mukjizat lain yang dimiliki Nabi Isa adalah melihat sesuatu yang gaib.

    Penglihatannya sanggup menembus benda yang tidak bisa disaksikan kebanyakan mata orang biasa. Mata batinnya sangat tajam dan panca inderanya sungguh peka. Misalnya Nabi Isa mampu melihat makanan, minuman dan barang-barang yang disimpan di dalam rumah yang pintunya tertutup. Padahal ia hanya melihatnya dari luar, tanpa terlebih dahulu masuk atau mendapat bocoran dari seseorang maupun pengikutnya. Ternyata yang ditebak dan dikatakan Nabi Isa benar adanya, sesuai dengan isi rumah. Bagi orang yang tidak senang dengan Nabi Isa, tentu menganggap Nabi Isa memiliki peliharaan jin atau makhluk gaib sejenisnya yang bisa diperintah semaunya.

    Tetapi Nabi Isa maupun para pengikutnya tidak mau menanggapi pernyataan atau komentar murahan seperti itu. Nabi Isa tetap sabar. Ia menyadari, nabi dan rasul sebelum dirinya pun sering mendapat fitnah dan perlakuan kurang baik. Selain itu, ia tahu, para pejuang pendahulunya kerap dikatakan tukang sihir, tukang sulap, tukang tipu, atau pembohong kendati oleh masyarakatnya sendiri.*** =============================================

    Nabi Isa Dari Tinjauan Sejarah Dunia dan Barat Isa (bahasa Arab: عيسى, `Īsā, Essa; sekitar 1 – 32M) adalah nabi penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Dalam Al-Qur’an, ia disebut Isa bin Maryam atau Isa al-Masih. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 29 M dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina. Namanya disebutkan sebanyak 25 kali di dalam Al-Quran.

    Cerita tentang Isa kemudian berlanjut dengan pengangkatannya sebagai utusan Allah, penolakan oleh Bani Israil dan berakhir dengan pengangkatan dirinya ke surga. Etimologi Kata Isa ini diperkirakan berasal dari bahasa Aram, Eesho atau Eesaa. Yesus Kristus adalah nama yang umum digunakan umat Kristen untuk menyebutnya, sedangkan orang Kristen Arab menyebutnya dengan Yasu’ al-Masih (bahasa Arab: يسوع المسيح). Kemudian, ia diyakini mendapatkan gelar dari Allah dengan sebutan Ruhullah dan Kalimatullah.

    Karena Isa dicipta dengan kalimat Allah “Jadilah!”, maka terciptalah Isa, sedangkan gelar Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Isa langsung diciptakan Allah dengan meniupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran. Genealogi Narasi Qur’an tentang Isa dimulai dari kelahiran Maryam sebagai putri dari Imran, berlanjut dengan tumbuh kembangnya dalam asuhan Zakariya, serta kelahiran Yahya. Kemudian Al-Qur’an menceritakan keajaiban kelahiran Isa sebagai anak Maryam tanpa ayah. “(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah). (Ali ‘Imran: 45) ” \

    Dikisahkan pula bahwa selama Isa berada didunia, ia tidak menikahi seorang wanita karena ia terlebih dahulu diangkat oleh Allah kelangit. Akan tetapi, ada riwayat yang mengatakan bahwa Isa akan menikah dengan salah satu umat Muhammad ketika ia turun dari langit, kejadian ini dikisahkan menjelang akhir zaman.

    Riwayat Kelahiran Muslim percaya pada konsep kesucian Maryam, yang telah diceritakan sepanjang dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an. Menurut kisah di Al-Qur’an, Maryam selalu beribadah dan telah dikunjungi oleh malaikat Jibril. Jibril mengatakan kepada Maryam tentang akan diberikan calon anak yang bernama Isa, Maryam sangat terkejut, karena ia telah bersumpah untuk menjaga kesuciannya kepada Allah dan tetap mempertahankan hal itu dan bagaimana pula dia bisa hamil tanpa seorang lelaki, lalu Jibril menenangkan Maryam dan mengatakan bahwa perkara ini adalah perkara yang mudah bagi Allah, yang ingin membuat dia sebagai tanda untuk manusia dan rahmat dari-Nya.

    Seperti halnya dalam konsep penciptaan Adam tanpa ibu dan bapak. Pembicaraan mereka terekam dalam salah satu surah di dalam Al-Qur’an “Jibril berkata; “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (surat Maryam: 21)” “…Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 35) ” Beberapa ayat lain terkait dengan kelahiran Isa antara lain “Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Ali Imran: 59)” “Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam (Al Anbiyaa’: 21) ” Setelah Isa berada di dalam rahim Maryam, ia lalu mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur. Disana ia melahirkan dan beristirahat di dekat sebuah batang pohon kurma.

    Isa kemudian berbicara memerintahkan ibunya dari buaian, untuk mengguncangkan pohon untuk mengambil buah-buah yang berjatuhan, dan juga untuk menghilangkan rasa takut Maryam dari lingkungan sekelilingnya Maryam berzinah, kemudian Maryam menunjuk kepada anaknya yang baru lahir itu, maka Isa pun menjawab “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi; dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.. (Maryam: 30-32)”

    Referensi dalam hadits lain adalah: “Ketika setiap manusia lahir. Setan menyentuh seorang bayi di kedua sisi tubuh dengan dua jarinya, kecuali Isa a.s., putera Maryam, Setan mencoba menyentuhnya tapi gagal, karena dia hanya menyentuh plasentanya saja.”[1] Menurut al-Tabari, hal ini disebabkan karena doa Maryam: “Aku berlindung kepada-Mu, untuk dia dan keturunannya dari setan yang terkutuk.” Misi sebagai nabi Menurut teks-teks Islam, Isa diutus kepada Bani Israil, untuk mengajarkan tentang ke-esaan Tuhan dan menyelamatkan mereka dari kesesatan. Muslim percaya Isa telah dinubuatkan dalam Taurat, membenarkan ajaran-ajaran nabi sebelumnya. Isa digambarkan juga dalam ajaran Islam, memiliki mukjizat sebagai bukti kenabiannya, seperti berbicara sewaktu masih bayi dalam peraduan, memberikan nyawa/kehidupan pada burung yang terbuat dari tanah liat, menyembuhkan orang yang terkena lepra, menyembuhkan orang tuna netra, membangkitkan orang mati dan meminta makanan dari surga atas permintaan murid-muridnya.

    Beberapa kisah menyebutkan bahwa Yahya bin Zakariyya[2] pernah bertemu dengan Isa di sungai Yordan, sewaktu Yahya pergi ke Palestina. Sungai Yordan tempat dimana Isa bin Maryam pernah bertemu dengan Yahya bin Zakariyya. menurut beberapa kisah.[3] Beberapa ayat dari Al Qur’an yang menegaskan tentang kenabian Isa antara lain: “Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 30-35)” “Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku”. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat). (Az Zukhruf: 63-65) ” “Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Al Maa’idah: 75)” “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (Al Maa’idah: 116-117)” Isa dan Ruhul Qudus Artikel utama untuk bagian ini adalah: Mukjizat Isa Qur’an juga menceritakan perihal Isa yang diberikan kekuatan dengan ruh kudus oleh Tuhan. “Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya. (Al Baqarah: 253) ” “(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata”. (Al Maa’idah: 110)” Isa tidak dibunuh ataupun disalib Al-Qur’an menerangkan dalam surat An Nisaa’:157 bahwa Isa tidaklah dibunuh maupun disalib oleh orang-orang kafir. Adapun yang mereka salib adalah orang yang bentuk dan rupanya diserupakan oleh Allah seperti Isa. [4] “dan karena ucapan mereka:

    “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (An Nisaa’: 157)” Isa diangkat ke langit Muslim menyangkal adanya penyaliban dan kematian atas diri Isa ditangan musuhnya. Al-Qur’an menerangkan Yahudi mencari dan membunuh Isa, tetapi mereka tidak berhasil membunuh dan menyalibkannya.

    Isa diselamatkan oleh Allah dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan disuatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. Al Qur’an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini. “Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’:158) ” Ramalan dan misi Isa di akhir zaman Turun kembali ke bumi Dari keterangan hadist Muhammad diceritakan bahwa menjelang hari kiamat/akhir zaman Isa akan di turunkan oleh Allah dari langit ke bumi.

    [5] Peristiwa itu tergambar dari hadist berikut: “Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan Isa dan sesungguhnya ia benar-benar akan turun (dari langit), apabila kamu telah melihatnya, maka ketahuilah; bahwa ia adalah seorang laki-laki berperawakan tubuh sedang, berkulit putih kemerah-merahan. Ia akan turun dengan memakai dua lapis pakaian yang dicelup dengan warna merah, kepalanya seakan-akan meneteskan air waulupun ia tidak basah.

    ”[6] “Sekelompok dari ummatku akan tetap berperang dalam dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat, sehingga turunlah Isa bin Maryam, maka berkatalah pemimpin mereka (Al Mahdi): “Kemarilah dan imamilah salat kami”. Ia menjawab;”Tidak, sesungguhnya sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada ummat ini (ummat Islam).

    ”[7] “Tiba-tiba Isa sudah berada di antara mereka dan dikumandangkanlah salat,maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi imam salat) wahai ruh Allah.” Ia menjawab:”Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami salat kamu”.[8] Menurut Islam, hal pertama yang dilakukan Isa setelah turun dari langit adalah menuaikan salat sebagaimana yang dijelaskan oleh hadist-hadist di atas. Isa akan menjadi makmum dalam salat yang di imami oleh Imam Mahdi. Adapun lokasi turunnya Isa dijelaskan oleh Muhammad dalam sebuah hadist berikut: “Isa ibn Maryam akan turun di ‘Menara Putih’ (Al Mannaratul Baidha’) di Timur Damsyik.

    ”[9] Kedatangan Isa akan didahului oleh kondisi dunia yang dipenuhi kedzaliman, kesengsaraan & peperangan besar yang melibatkan seluruh penduduk dunia, setelah itu kemunculan Imam Mahdi yang akan menyelamatkan kaum muslimin, kemudian kemunculan dajjal yang akan berusaha membunuh Imam Mahdi, setelah dajjal menyebarkan fitnahnya selama 40 hari, maka Isa akan diturunkan dari langit untuk menumpas dajjal.

    Membunuh Dajjal Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dajjal Turunnya Isa ke bumi mempunyai misi menyelamatkan manusia dari fitnah Dajjal dan membersihkan segala penyimpangan agama, ia akan bekerjasama dengan Imam Mahdi memberantas semua musuh-musuh Allah. Dikisahkan setelah Isa selesai menunaikan salat, ia berkata: “Keluarlah kamu (pasukan kaum muslimin) semua bersama kami untuk menghadapi musuh Allah, yaitu dajjal.” Lalu mereka pun keluar, kemudian Ia (Isa) dilihat oleh dajjal silaknat yang baru saja mendakwa kepada manusia, bahwa ia adalah raja yang mendapat petunjuk dan pemimpin yang jenius serta bijaksana, bahkan mengaku sebagai Tuhan Yang Maha Tinggi.

    Begitu Isa dilihat oleh dajjal, dajjal pun meleleh seperti garam yang meleleh di dalam air. Kemudian dajjal melarikan diri, akan tetapi ia dihadang oleh Isa di pintu kota Lud di Palestina. Sekiranya Isa membiarkan saja hal ini maka dajjal akan hancur seperti garam dalam air, akan tetapi Isa berkata kepadanya: “Sesungguhnya aku berhak untuk menghajar kamu dengan satu pukulan.”

    Lalu Isa menombak dan membunuhnya, maka Isa memperlihatkan kepada semua orang darah dajjal di tombaknya. Maka tahu dan sadarlah para pengikut dajjal dari kalangan Yahudi , bahwa dajjal bukanlah Allah. Jika benar apa yang didakwakan dajjal (dajjal mengaku sebagai tuhan) tentulah dajjal tidak akan dapat dibunuh oleh Isa.

    Menyelamatkan manusia dari fitnah Ya’juj dan Ma’juj
    Salah satu tugas besar beliau setelah membunuh dajjal adalah menyelamatkan ummat manusia dari fitnah Ya’juj dan Ma’juj.

    [10] Dikisahkan, fitnah dan kejahatan mereka (Ya’juj dan Ma’juj) sangat besar dan menyeluruh, tiada seorang manusiapun yang dapat mengatasinya, jumlah mereka pun sangat banyak sehingga kaum Muslimin akan menyalakan api selama 7 tahun untuk berlindung dari penyerangan mereka, para pemanah dan perisai mereka.

    [11] Maka saat mereka telah keluar (dari diding tembaga yang mengurung mereka sejak zaman raja Zulkarnain) maka Allah SWT berkata kepada Isa ibn Maryam: ”Sesungguhnya Aku telah mengeluarkan hamba-hamba (Ya’juj dan Ma’juj) yang tidak mampu diperangi oleh siapapun, maka hendaklah kamu mengasingkan hamba-hambaKu ke Thur (Thursina)” Dan di Thur terkepunglah Nabiallah ‘Isa beserta para sahabatnya, sehingga harga sebuah kepala sapi lebih mahal dari 100 dinar kamu hari ini.Kemudian Nabiyullah ‘Isa dan para sahabatnya, menginginkan itu, maka mereka tidak menemukan sejengkalpun dari tanah di bumi kecuali ia dipenuhi oleh bau anyir dan busuk mereka. Kemudian Isa dan sahabatnya meminta kelapangan kepada Allah SWT maka Allah mengutus seekor burung yang akan membawa mereka kemudian menurunkan mereka sesuai dengan kehendak Allah , kemudian Allah menurunkan air hujan yang tidak meninggalkan satu rumahpun di kota atau di kampung, maka Ia membasahi bumi sehingga menjadi seperti sumur yang penuh.

    ”[12] Dahsyatnya fitnah Ya’juj dan Ma’juj digambarkan dalam sebuah hadist Rasulullah saw. sebagai berikut: “Dinding Ya’juj dan Majjuj akan terbuka, maka mereka akan menyerang semua manusia, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat-tempat yang tinggi. (QS . Al Anbiyaa’ : 96) ” Maka mereka akan menyerang manusia, sedangkan kaum Muslim akan berlarian dari mereka ke kota-kota dan benteng-benteng mereka, kemudian mereka mengambil binatang-binatang ternak bersama mereka. Sedangkan mereka (Ya’juj dan Ma’juj) meminum semua air di bumi, sehingga apabila sebahagian mereka melewati sebuah sungai maka merekapun meminum air sungai tersebut sampai kering dan ketika sebagian yang lain dari mereka melewati sungai yang sudah kering tersebut, maka mereka berkata: “Dulu di sini pernah ada air”. Dan apabila tidak ada lagi manusia yang tersisa kecuali seorang saja di sebuah kota atau benteng, maka berkatalah salah seorang dari mereka:

    “Mereka-mereka penduduk bumi sudah kita habisi, maka yang tertinggal adalah penduduk langit”, kemudian salah seorang dari mereka melemparkan tombaknya ke langit, dan tombak tersebut kembali dengan berlumur darah yang menunjukkan suatu bala dan fitnah. Maka tatkala mereka sedang asyik berbuat demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus ulat ke pundak mereka seperti ulat belalang yang keluar dari kuduknya, maka pada pagi harinya mereka pun mati dan tidak terdengar satu nafaspun.

    Setelah itu kaum Muslim berkata: “Apakah ada seorang laki-laki yang mau menjual dirinya untuk kami berani mati) untuk melihat apa yang sedang dilakukan oleh musuh kita ini?” maka majulah salah seorang dari mereka dengan perasaan (menganggap) bahwa ia telah mati, kemudian dia menemui bahwa mereka semua telah mati dalam keadaan sebagian mereka di atas sebagian yang lain (berhimpitan), maka laki-laki tersebut menyeru: “Wahai semua kaum Muslim bergembiralah kamu sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala sendiri sudah membinasakan musuhmu”, maka mereka pun keluar dari kota-kota dan benteng-benteng dan melepaskan ternak-ternak mereka ke padang-padang rumput kemudian padang rumput tersebut dipenuhi oleh daging-daging binatang ternak, maka semua susu ternak tersebut gemuk (penuh) seperti tunas pohon yang paling bagus yang tidak pernah dipotong.

    ”[13] Menjadi pemimpin yang adil di akhir zaman Menurut suatu riwayat, Isa setelah turun dari langit akan menetap dibumi sampai wafatnya selama 40 tahun. Ia akan memimpin dengan penuh keadilan, sebagaimana yang diceritakan dalam hadist berikut : “Demi yang diriku berada ditangan-Nya, sesungguhnya Ibnu Maryam hampir akan turun di tengah-tengah kamu sebagai pemimpin yang adil, maka ia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menolak upeti, melimpahkan harta sehingga tidak seorangpun yang mau menerima pemberian dan sehingga satu kali sujud lebih baik dari dunia dan segala isinya.

    ”[14] Menunaikan ibadah haji Diceritakan dalam sebuah hadist bahwa Isa akan melaksanakan haji. ”Demi Dzat yang diriku berada ditanganya, sesungguhnya Ibnu Maryam akan mengucapkan tahlil dengan berjalan kaki untuk melaksanakan haji atau umrah atau kedua-duanya dengan serentak.

    ”[15] Isa akan wafat Setelah Isa menjadi pemimpin yang adil di akhir zaman, Allah akan mewafatkan beliau. Hanya Allah saja yang tahu kapan dan dimana Isa akan diwafatkan. Setelah wafatnya Isa Al-Masih dunia kemudian dunia akan kiamat. Al-Hawâriyyûn (Pengikut) Dalam berdakwah, Isa didampingi para pengikutnya yang disebut al-Hawâriyyûn, yang jumlahnya 12 orang, sesuai dengan jumlah suku (sibith) Bani Israil, sehingga masing-masing hawari ini ditugaskan untuk menyampaikan risalah Injil bagi masing-masing suku Bani Israil. Namun nama-nama hawari tersebut tidaklah disebutkan di dalam Al-Quran. Kisah para sahabat Isa ini terdapat dalam surat Al-Mâ’idah: 111-115 dan surat Ãli-‘Imrân: 52.

    Dalam surat tsb diceritakan bahwa al-Hawâriyyûn meminta Isa untuk menurunkan makanan dari langit. Nama surat Al-Maidah yang berarti makanan diambil karena mengandung kisah ini. Kejadian turunnya makanan dari langit ini makin menambah ketebalan iman para pengikut Isa Kepercayaan dasar Islam tentang Isa Pandangan Islam tentang Yesus Isa disebutkan dengan banyak nama di dalam Al-Quran.

    Sebutan yang paling umum adalah “Isa bin Maryam” (Isa putra Maryam), kadang-kadang diawali dengan julukan lain. Isa juga diakui sebagai seorang nabi dan utusan (rasul) Allah. Istilah wadjih (“patut dihargai dalam dunia ini dan selanjutnya”), mubārak (“diberkati” atau “sumber manfaat bagi orang lain”), `abd-Allah (hamba Allah) adalah semua yang digunakan dalam Al-Qur’an dalam memberikan nama/julukan kepada Isa. Nama lain yang sering disebutkan adalah Al-Masih, yang diterjemahkan ke “Mesias”.

    Islam menganggap semua nabi, termasuk Isa, sebagai manusia biasa dan tanpa berbagi dalam Ketuhanan, sehingga tidak sama dengan konsep Kristen tentang Mesias. Muslim menjelaskan penggunaan kata Masih dalam Al Qur’an sebagai merujuk kepada Isa, yaitu status sebagai seorang yang diurapi dan merupakan bentuk pujian, dengan mukjizatnya antara lain ialah dapat menyembuhkan orang sakit dan menyembuhkan mata orang buta. Ayat Qur’an juga menggunakan istilah kalimatullah (yang berarti “firman Tuhan”) sebagai penjelasan tentang Isa, yang mengakui dirinya sebagai sebagai utusan Allah, dan berbicara atas nama Allah.

    Teologi Ajaran Islam menganggap Isa hanya sebagai utusan Allah saja. Kepercayaan yang menganggap Isa sebagai Allah atau Anak Allah, menurut Islam adalah perbuatan syirik (mengasosiasikan makhluk sama dengan Allah), dan dengan demikian dianggap sebagai suatu penolakan atas konsep Keesaan Tuhan (tauhid). Islam melihat Isa sebagai manusia biasa yang mengajarkan bahwa keselamatan datang dengan melalui kepatuhan manusia kepada kehendak Tuhan dan hanya dengan cara menyembah Allah saja.

    Dengan demikian, Isa dalam ajaran Islam dianggap sebagai seorang muslim, begitu pula dengan semua nabi Islam. Islam dengan demikian menolak konsep trinitas dalam Ketuhanan Kristen, seperti juga konsep tentang Ketuhanan Yesus. Pendahulu Muhammad Muslim meyakini bahwa Isa adalah sebagai seorang nabi pendahulu Muhammad, dan menyatakan bahwa setelah ia akan muncul seorang nabi terakhir, sebagai penutup dari para nabi utusan Tuhan.

    Hal ini berdasarkan dari ayat Al-Qur’an, di mana Isa menyatakan tentang seorang rasul yang akan muncul setelah dia, yang bernama Ahmad. Islam mengasosiasikan Ahmad sebagai Muhammad. Muslim juga berpendapat bahwa bukti Isa telah memberitahukan tentang akan hadirnya seorang nabi terakhir ada di dalam kitabnya. Suatu argumentasi dari pakar muslim menyatakan bahwa kata bahasa Yunani parakletos, yang berarti “penghibur” yang diramalkan akan datang dalam Injil Yohanes, sesungguhnya adalah kata periklutos, yang berarti “termasyhur, agung, terpuji”. Kata terakhir ini dalam bahasa Arab dianggap sebagai Ahmad, atau Muhammad.

    Berikut Firman Allah SWT tentang kelahiran ISA AS.وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا
    Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
    (QS: Maryam Ayat: 16)

    فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
    maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
    (QS: Maryam Ayat: 17)

    قَالَ إِنَّمَا أَنَا رَسُولُ رَبِّكِ لِأَهَبَ لَكِ غُلَامًا زَكِيًّا
    Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.
    (QS: Maryam Ayat: 19)
    قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِي غُلَامٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِي بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا
    Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”
    (QS: Maryam Ayat: 20)
    قَالَ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ ۖ وَلِنَجْعَلَهُ آيَةً لِلنَّاسِ وَرَحْمَةً مِنَّا ۚ وَكَانَ أَمْرًا مَقْضِيًّا
    Jibril berkata: “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”.
    (QS: Maryam Ayat: 21)
    فَحَمَلَتْهُ فَانْتَبَذَتْ بِهِ مَكَانًا قَصِيًّا
    Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
    (QS: Maryam Ayat: 22)
    فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا
    Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan”.
    (QS: Maryam Ayat: 23)

    فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا
    Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
    (QS: Maryam Ayat: 24)
    وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا
    Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,
    (QS: Maryam Ayat: 25)
    فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا
    maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusiapun pada hari ini”.
    (QS: Maryam Ayat: 26)
    فَأَتَتْ بِهِ قَوْمَهَا تَحْمِلُهُ ۖ قَالُوا يَا مَرْيَمُ لَقَدْ جِئْتِ شَيْئًا فَرِيًّا
    Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.
    (QS: Maryam Ayat: 27)
    يَا أُخْتَ هَارُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ امْرَأَ سَوْءٍ وَمَا كَانَتْ أُمُّكِ بَغِيًّا
    Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,
    (QS: Maryam Ayat: 28)
    فَأَشَارَتْ إِلَيْهِ ۖ قَالُوا كَيْفَ نُكَلِّمُ مَنْ كَانَ فِي الْمَهْدِ صَبِيًّا
    maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?”
    (QS: Maryam Ayat: 29)
    قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا
    Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,
    (QS: Maryam Ayat: 30)
    وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا
    dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
    (QS: Maryam Ayat: 31)
    وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا
    dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
    (QS: Maryam Ayat: 32)
    وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا
    Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.
    (QS: Maryam Ayat: 33)
    ذَٰلِكَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ ۚ قَوْلَ الْحَقِّ الَّذِي فِيهِ يَمْتَرُونَ
    Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.
    (QS: Maryam Ayat: 34)
    مَا كَانَ لِلَّهِ أَنْ يَتَّخِذَ مِنْ وَلَدٍ ۖ سُبْحَانَهُ ۚ إِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
    Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia.
    (QS: Maryam Ayat: 35)
    وَإِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ هَٰذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ
    Sesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahIah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.
    (QS: Maryam Ayat: 36)
    فَاخْتَلَفَ الْأَحْزَابُ مِنْ بَيْنِهِمْ ۖ فَوَيْلٌ لِلَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ مَشْهَدِ يَوْمٍ عَظِيمٍ
    Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang besar.
    (QS: Maryam Ayat: 37)
    Semoga yng melihat ini akan diberikan HidayahNYA.

  59. mujahidinanonymous mengatakan:

    coba mampir di blog ane gan.. https://mujahidinanonymous.wordpress.com kalian akan tahu siapa itu dajjal, yajuj majuj, dan imam mahdi..

  60. Hamzah mengatakan:

    Yajuj dan majuj adakah dua suku di georgia yng menjadi moyang dari keluarga rotschild dan keluarga rockefeller merekalah yng jadi yajuj dan majuj dizaman ini.merekalah yang jadi otak kekacauan dan perang diberbagai belahan dunia

    • Islam Agamaku mengatakan:

      Gw sih pernah baa kalo Ya’juj majuj Tak terahkan sampai nabi Isa as berdoa agar yajuj majjuj mati ,,, lalu allah memerintahkan binaang melata membunuhnya (gw dpet baca)

  61. rasya mengatakan:

    Menarik sekali ulasannya, harapan saya semoga yajuj dan majuj gak akan keluar dulu dalam 100 tahun ke depan

  62. Ahmad mengatakan:

    Yajut majuj adalah org org Barat dan Europe. Bagi Saya

  63. Sang Pencari mengatakan:

    Mungkin tembok besi yg licin itu ada di antartika ….. Pernah ada operasi militer besar bernama operasi high jump, disana dikatakan ada di seberang (didalam antartika ada banyak pulau & kemungkinan akan adanya serangan musuh) admiral e byrd.

    Saya juga pernah mendengar bahwa tembok zulqarnain membentang dari barat ke timur (menyambung), jadi hal ini memungkinkan menurut saya…
    Lagi pula, mengapa antartika sekarang dilarang & dijaga ketat oleh militer…..pasti ada rahasia didalamnya

  64. pingsan mengatakan:

    Uni soviet telah hancur binasa tahun 1989….korban berjatuhan…ribuan mati…miskin dan binasa.
    Amerika usa hancur binasa 11 september 2001….
    Kedua adidaya tersebut hancur binasa….
    Tahukah kalian siapa….negara apa yg menghancurkannya?…
    Lucu sekali…….
    Tetapi mengapa yg jelas2 telah membinasakan mereka tidak diperangi secara terbuka?
    Apa dan mengapa?

  65. hasirama mengatakan:

    info… alhamdulillah saya menemukan penjelasan tentang YA’JUK MA’JUK
    terbaik dan Logis ada di;
    https://manfaatputih.blogspot.co.id/2013/08/abad-kemunculan-dajjal-dan-yajuj-majuj.html

    ini bukan iklan dan itu juga bukan blog saya karena saya tidak punya blog

    hanya berbagi, semoga bermanfaat!

  66. ANDA MENGATAKAN SESUATU YANG TIDAK ADA KETERANGANNYA

    JANGAN MENG ADA-ADAKAN TENTANG ALLAH

    MAHA SUCI ALLAH

  67. Lutung Disarung mengatakan:

    SESUATU ADALAH KETERANGANNYA
    TANPA DIADA-ADAKAN ALLAH SWT ITU SELALU ADA
    ALLAH SWT ITU MAHA SUCI

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Posted by Damar Dwiyadi Pratama on 27 April 2010 · 37 Komentar […]

  2. […] baca https://artikelmenarik.wordpress.com/2010/04/27/mengulas-misteri-tembok-yajuj-dan-majuj-secara-tuntas… Gambarnya: https://artikelmenarik.files.wordpress.com/2010/04/yajuj-dan-majuj.jpg Mengulas […]

  3. […] Mengulas Misteri Tembok Ya’juj dan Ma’juj Secara Tuntas (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); […]



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Artikel Menarik Punya Damar

    Weblog Milik Damar Dwiyadi Pratama
    Copyright © 2009-2011 artikelmenarik.wordpress.com.
    All rights reserved.

%d blogger menyukai ini: