Hal Aneh dan Menarik Dari Teori Relativitas Khusus yang Banyak Orang Belum Tahu

Teori relativitas khusus, dikemukakan oleh Albert Einstein pada tahun 1905. Sepuluh tahun kemudian diusulkan teori relativitas umum yang mempersoalkan kerangka acuan yang dipercepat satu dengan yang lain. Uraian lebih lanjut tentang teori relativitas lebih ditekankan pada teori relativitas khusus karena, teori ini mempunyai pengaruh besar dalam bidang fisika.

Dalam teori ini, saya menemukan fakta yang aneh tapi juga menarik yang dikemukakan oleh Albert Einstein, pria yang dikabarkan memiliki IQ dengan skor 150 dan dapat dikatakan jenius. Pria jenius ini mengatakan bahwa

“seorang pengamat dalam keadaan diam akan merasakan efek-efek pada objek-objek yang bergerak dengan cepat. Efek-efek tersebut adalah waktu melambat, jarak berkurang (searah dengan arah gerak) dan massa bertambah”

Membaca perkataan Einstein tersebut, saya membayangkan, jika saya melihat suatu benda yang kecepatannya hampir mendekati kecepatan cahaya, maka efek yang akan timbul pada saya adalah waktu dalam dimensi saya melambat, dalam artian tidak seperti waktu ketika saya atau anda membaca artikel ini melainkan lebih lambat dari aktivitas biasa. Jarak berkurang (searah dengan gaya gerak) dan massa (bobot tubuh saya) bertambah.

Menarik bagi saya. Bagaimana pendapat Anda?

Comments
7 Responses to “Hal Aneh dan Menarik Dari Teori Relativitas Khusus yang Banyak Orang Belum Tahu”
  1. Amirudin mengatakan:

    Wow

  2. phantomxy mengatakan:

    gak ngarti…😀

  3. ganang mengatakan:

    itu dilihat dari orang yang berada di dalam objek, maka sekitarnya seakan akan melambat…….contohnya anda naik pesawat mengelilingi searah gerak poros bumi maka tubuh anda sama dengan tubuh anda 1 hari kemudian( jika ada 2 orang akan tahu hasilnya). jika ingin hasilnya siknifikan kecepatan pesawat harus sama dengan kevepatan cahaya.

  4. AJAM mengatakan:

    kalau menurut saya di teori relativitas Einstein tidak akan pernah ada benda berkecepatan mendekati kecepatan cahaya, sebab ketika benda baru mencapai kecepatan 100.000 km/detik saja, ia akan dihantam gencet oleh gaya elektromagnet, hal itu terjadi karena teori relatifitas Einstein hanya berlaku di alam kasar. Einstein sendiri tidak memahami tentang cermin-cermin sebagai batas dimensi.

  5. komentator mengatakan:

    banyak-banyak lah anda bengong supaya awet muda

  6. Ucinx Notz Sphinx mengatakan:

    bisa melambat bisa bertambah cepat….
    seiring jarak bisa berkurang bisa bertambah….
    dan berat badan bisa bertambah bisa berkurang….
    apa coba kira² penyebabnya?

  7. katu mengatakan:

    relativitas itu bisa dipahami bila anda sangat menyukai suatu hal dan tenggelam bersamanya maka waktu akan singkat sekali. sedangkan sebaliknya bila anda melakukan sesuatu yg sangat anda benci seakan lama sekali waktunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Artikel Menarik Punya Damar

    Weblog Milik Damar Dwiyadi Pratama
    Copyright © 2009-2011 artikelmenarik.wordpress.com.
    All rights reserved.

%d blogger menyukai ini: